Nominator Aktris Terbaik Jennifer Lawrence. FOTO: AFP PHOTO/JOE KLAMAR.

Jika Affleck berhasil memboyong piala Oscar, dia akan menjadi orang pertama yang mendapat Film Terbaik tapi tidak dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik sejak film "Driving Miss Daisy" di tahun 1990.



Los Angeles - Hollywood mulai menyambut para selebriti yang akan melintas di karpet merah di ajang penghargaan Oscar 2013 di mana film "Argo" karya Ben Affleck akan bertarung ketat dengan "Lincoln" karya Steven Spielberg.

Di antara para seleb yang sudah tampak berjalan di Dolby Theatre adalah Jessica Chastain, yang dinominasikan sebagai aktris terbaik untuk film "Zero Dark Thirty". Namun, ia sepertinya tidak banyak berharap mendapat keberuntungan Oscar pada malam penghargaan ini.

"Saya tidak akan mendapat Oscar malam ini. Saya merasa ini bukanlah tahun saya," kata Chastain, yang mengenakan gaun kemben panjang berwarna kulit rancangan Armani pada CNN.

Suraj Sharman, aktor 19 tahun yang bermain apik dalam film "Life of Pi" mengatakan dia berharap sutradara kelahiran Taiwan yang menggarap filmnya dapat membawa pulang piala Oscar. "Saya telah melihat betapa kerasnya ia berkerja," ujarnya.

"Saya sangat berharap itu menjadi kenyataan dan dia bisa menang," kata Sharman kepada presenter E!.

Di atas panggung Oscar nanti, penyanyi asal Inggris Adele akan tampil menyanyikan lagu tema "Skyfall" dari film James Bond, dan diva legendaris Barbra Streisand juga akan memberikan penampilan perdananya di Oscar dalam 36 tahun.

Jika Affleck berhasil memboyong pulang piala Oscar, dia akan menjadi orang pertama yang mendapat film terbaik tapi tidak dinominasikan sebagai Sutradara terbaik sejak film "Driving Miss Daisy" yang mengalami hal serupa di tahun 1990.

Namun, paling tidak ia mendapat dukungan dari Sekretaris Negara John Kerry yang disampaikan melalui akun twitternya.

"Semoga berhasil @BenAFfleck dan #Argo di Oscars. Senang melihat @StateDept & Divisi Luar Negeri kami ada di film tersebut, -JK," kata Kerry, yang merujuk pada film Argo soal agen CIA yang menyelamatkan enam diplomat di Teheran, Iran.

Sementara jika Spielberg menang, ia akan membawa pulang piala Film Terbaik Oscar sejak momen terakhirnya memegang piala itu lewat film "Schindler's List" di tahun 1994.

Walau filmnya bersaing ketat dengan Affleck, Spielberg diprediksikan mendapat piala Sutradara Terbaik, piala yang mungkin bisa mulus ia dapatkan tanpa khawatir dengan Affleck karena pesaingnya itu tak masuk dalam nominasi tersebut.

Aktor Dainel Day yang bermain dalam "Lincoln" juga hampir pasti dinobatkan menjadi Aktor Terbaik. Jika berhasil, piala ini akan menjadi piala ketiga aktor keturunan Inggris-Irlandia tersebut setelah mendapat piala serupa pada 2008 lewat film "There Will Be Blood" dan film "My Left Foot" pada 1990.

Untuk kategori Aktris Terbaik, banyak yang telah menjagokan Chastain, namun kini banyak yang menduga kemenangan akan berpihak pada Jennifer Lawrence yang bermain di film "Silver Linings Playbook".

Ramalan untuk Aktris Pendukung Terbaik masih lebih cair, namun nama Anne Hathaway masih unggul atas pesonanya di film "Les Miserables" yang juga dinominasikan sebagai Film Terbaik.

Pertarungan yang paling tidak bisa diprediksikan di antara semua nominasi mungkin hanya di kategori Aktor Pendukung Terbaik, di mana banyak yang menjagokan aktor legendaris Robert De Niro yang bermain sebagai ayah Bradley Cooper di film "Silver Linings Playbook".


Pada Sabtu (23/2) malam sebelum penghargaan Oscar dihelat, film "Silver Linings Playbook" mendapat sorotan karena mendapatkan tiga penghargaan sekaligus dari Independent Spirit Awards, yaitu untuk kategori Film Terbaik, Aktris Terbaik dan Sutradara Terbaik.

"Ready, Set, Go," begitu bunyi poster besar yang melintang pada Hollywood Boulevard dan kini sudah bertransformasi dengan gelaran karpet merah yang mulai marak diinjak oleh para aktris dan aktor Hollywood untuk menanti keputusan penghargaan film paling bergengsi di dunia.

 

Lihat kemeriahan suasana karpet merah Oscar 2013 dalam galeri foto di sini.

 

Simak video aksi selebriti melintas di karpet merah Oscar 2013 di sini.

Penulis: Febriamy Hutapea/FEB

Sumber:AFP