Dilema Aborsi Para Artis


/ FMB Senin, 16 Juli 2012 | 06:00 WIB
Bertentangan dengan adat ketimuran.
 
Aborsi, sebuah hal yang sebenarnya menakutkan karena dapat membahayakan jiwa namun kehadirannya kerap menjadi solusi untuk menghilangkan rasa malu akibat kehamilan yang terjadi di luar pernikahan. Padahal, aborsi awalnya dilakukan untuk alasan keselamatan jiwa dan alasan kesehatan sang jabang bayi serta menutup aib akibat perkosaan. Maraknya aborsi di tanah air bahkan di seluruh dunia berbanding lurus dengan kenaikan prosentase pergaulan bebas.
 
Hamil sebelum menikah, terutama untuk adat timur seperti di Indonesia, memang merupakan aib yang harus ditutupi. Sebab jika hal tersebut terjadi, apa pandangan keluarga, kerabat, tetangga dan masyarakat sekitar. Sehingga aborsi menjadi pilihan berat namun dianggap terbaik untuk dilakukan.
 
Di kalangan artis, meski tidak pernah ada yang mengakuinya dan terbukti, desas desus tentang banyaknya kaum selebritas yang melakukan praktik aborsi sempat menjadi pemberitaan media. Artis cantik Vicky Shu misalnya. Ia sempat dikabarkan pernah melakukan aborsi beberapa waktu lalu, namun hal tersebut dibantahnya.
 
Tidak hanya Vicky Shu, kabarnya sederet bintang ternama pernah melakukan aborsi lantaran takut imej mereka sebagai artis tercoreng. Sebab jika ketahuan, sejumlah job pasti akan menjauh.
 
 
Artis menolak aborsi
 
Pemberitaan tentang aborsi di kalangan artis memang belum pernah terbukti, namun justru beberapa artis muncul dengan pemeberitaan yang menolak aborsi. Seperti yang terjadi kepada artis cantik Sheila Marcia.
 
Masih lekat dalam ingatan saat artis cantik Sheila Marcia diberitakan hamil, sementara tidak diketahui siapa gerangan lelaki yang membuatnya berbadan dua. Menikah saja, saat itu belum dilakukan Sheila. Apalagi, kehamilan Sheila terkuak media saat ia ditangkap untuk kedua kalinya, untuk menyelesaikan sisa hukuman dibalik jeruji besi, akibat kasus penyalahgunaan narkoba.
 
Kehamilan Sheila Marcia menjadi pemberitaan hangat hampir setiap hari di media hiburan. Banyak orang menerka, siapa lelaki yang harus bertanggung jawab terhadap kehamilan Sheila. Apalagi saat itu Sheila benar-benar menutup rapat rahasianya tersebut. Di masa kehamilannya itu, kesabaran Sheila benar-benar diuji. Seperti pepatah mengatakan, sudah jatuh tertimpa tangga. Sudah dihukum penjara, kariernya meredup dan hamil di luar nikah.
 
Namun di tengah tekanan publik dan cibiran miring, Sheila mendapatkan dukungan penuh dari keluarga untuk menjalani kehidupannya, termasuk mempertahankan janin di dalam kandungannya tetap tumbuh.
 
“Tante bangga sama dia (Sheila). Di umurnya masih 19 tahun tapi punya dedikasi yang tinggi terhadap janinya. Siapa coba yang berani seperti itu?” Tutur Maria Joseph, ibunda Sheila Marcia yang ditemui wartawan medio September 2009.
 
Setelah keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur, Sheila Marcia tampak berbahagia dengan kehamilannya, meski ia tahu risiko mempertahankan janinnya, yakni anggapan negatif dari masyarakat. Bagi Sheila saat itu, hukuman terhadap dirinya sudahlah cukup, ia tidak ingin menambah berat kehidupannya dengan mengugurkan kandungan.

“Dia menerima anugerah Tuhan, padahal waktu itu masih berbentuk darah tapi enggak mau keluarkan (aborsi). Dia ingin memeliharanya,” terang Maria. Kondisi tersebut rupanya menyita perhatian sebuah rumah sakit yang kemudian menobatkan Sheila Marcia sebagai duta anti aborsi.
 
Sheila Marcia melahirkan anak pertamanya pada 24 ebruari 2010 di Rumah Sakit (RS) Harapan Bunda, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Anak pertamanya berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Leiticia Charlotte Agraciana Joseph.
 
Dua bulan berselang, vokalis Drive saat itu, Erdian Aji Prihartanto atau yang akrab disapa Anji kemudian mengakui, jika dirinyalah ayah biologis dari Leiticia. Keduanya ternyata pernah menjalin hubungan asmara. Meski singkat hubungan yang sudah melampaui batas tersebut akhirnya membuahkan janin.
 
Kini Sheila sudah menikah dengan Kiki Mirano pada 27 April 2011 dan telah melahirkan anak keduanya. Perlahan, Sheila mengungkapkan jika dirinya akan mundur dari dunia hiburan.
 
 
Sophia Latjuba, dua kali hamil di luar nikah namun anti aborsi
 
Saat menjalin asmara dengan Michael Villareal, artis cantik berdarah Jerman, Sophia Latjuba sudah hidup satu atap. Sebuah rumah asri di kawasan Jakarta Selatan, menjadi saksi bagaimana cinta dua manusia beda warga negara itu memang buta. Saat memutuskan untuk tinggal bersama, sejumlah media sudah mulai memberitakannya. Namun Sophie sepertinya tidak ingin mendengarkan komentar miring banyak orang. Ia tetap asik menjalin asmara dengan lelaki warga negara Amerika yang masih menyisakan masalah rumah tangga dengan seorang perempuan yang tengah hamil bernama Louisa Ibbotson.
 
Setelah urusan Michael dan Louisa ‘dianggap' selesai, keduanya kemudian melangsungkan prosesi pertunangan di sebuah hotel mewah di Jakarta. Prosesi tersebut sangat tertutup dan dijual pasangan yang tengah dimabuk asmara tersebut kepada sebuah rumah produksi untuk disiarkan secara eksklusif.
 
Seakan mengadaptasi kehidupan di negeri barat, Sophia dan Michael tidak merasa risih dengan kehamilan Sophia Latjuba meski belum resmi menikah. Bahkan kepada wartawan saat itu Michael begitu tenang menjawab pertanyaan seputar kehamilan Sophia.
 
“Soal kehamilan Sophia memang betul, dia sedang hamil tapi masih baru,” ujar Michael kepada wartawan saat itu. “Saat tahu Sophia hamil, saya sangat bersyukur. Kami sangat menikmati kebahagiaan itu sekarang. Bahkan kami sudah beritahukan keluarga saya dan Sophia. Mereka turut senang. Saya sangat mengindam-idamkan saat seperti ini,” ujar Michael saat itu.
 
Catatan sejarah dalam kehidupan Sophia Latjuba menunjukkan, jika sebelum menikah dengan Indra Lesmana, pemilik nama lengkap Sophia Inggriani Latjuba tersebut juga berbadan dua. Saat itu usia Sophia Latjuba masih 22 tahun.
 
Sophia Latjuba dan Indra Lesmana saat itu menikah pada 31 Mei 1992. Putri pertama mereka kemudian lahir pada 21 September 1992.
 
 
Menjadi pasangan yang bertanggung jawab
 
Sophia Latjuba memang tengah berbadan dua saat itu namun mimik wajahnya tidak menunjukkan rasa gusar dengan cibiran miring masyarakat. Ia dan Michael memang mengharapkan memperoleh keturunan secepatnya. Menurut Sophia saat itu, hal tersebut menunjukkan jika dirinya dan Michael adalah pasangan yang bertanggung jawab.
 
“Iya saya memang hamil, memangnya kenapa?” Ujar Sophia Latjuba saat itu kepada wartawan.
 
“Bagi saya ini sebuah kebahagiaan yang hanya patut dibagikan kepada orang-orang terdekat. Terserah orang mau bilang apa dan saya enggak mau kehamilan ini diumbar-umbar seperti orang lain,” imbuh Sophia panjang lebar saat itu.
 
Bagi Michael pertunangannya dengan Sophia Latjuba sudah menunjukkan dirinya memiliki itikad baik untuk berkomitmen hidup bersama. Jadi ia tidak mempermasalahkan jika Sophia Latjuba berbadan dua sebelum pernikahan resmi keduanya dilakukan.
 
“Saat tunangan kemarin, kami sudah commit di depan Tuhan, pendeta, saksi, keluarga dan rekan-rekan. Jadi, tidak ada yang perlu disesalkan. Kehamilan Sophia Latjuba malah saya syukuri,” ujar Michael saat itu.
 
Sophia Latjuba kemudian menikah secaraa resmi dengan Michael Villareal pada tanggal 30 April 2005. Sophie melahirkan anaknya yang kedua pada 15 September 2005. Putri cantiknya itu diberi nama Imanuella Aziza. Kini rumah tangga Sophia Latjuba dan Michael Villareal dikabarkan telah kandas. Sophia sendiri tinggal di Amerika bersama anak-anaknya.
 
 
Andi Soraya dan Steve Immanuel, sempat jadi ikon ‘kumpul kebo'
 

Hubungan Andi Soraya dan Steve Immanuel sempat menjadi pembicaraan hangat lantaran hidup dalam satu atap namun tidak terikat tali pernikahan. Saat itu, disebut-sebut perbedaan keyakinan membuat keduanya tidak mungkin menyatu dalam ikatan pernikahan.
 
Usia Andi Soraya memang sudah tidak muda lagi, namun Steve saat itu masih tergolong belia. Andi sebelumnya pernah menikah dengan Ahmad Kurnia Wibawa. Namun pernikahan keduanya berakhir dengan perceraian pada November 2001.
 
Perceraian itu terjadi lantaran Andi merasa sang suami mengekangnya untuk berkarier di dunia hiburan. Di pernikahan pertamanya itu, Andi Soraya dikarunia seorang anak, Shawn Adrian Khulafa.
 
Selama dua tahun, Andi Soraya hidup bersama Steve Immanuel. Sudah bisa ditebak, Andi kemudian mengandung janin. Di masa kehamilannya, Andi Soraya tampak tenang menghadapinya. Tidak terkesan ia takut dan merasa khawatir kariernya terancam. Begitupula dengan Steve Immanuel yang usianya terpaut sembilan tahun dari Andi Soraya.
 
“Itu (hubungan asmara) jadi rahasia kita saja,” ujar Andi saat itu. “Kalau gue merasa sudah bertanggung jawab. Gue tahu diri saja,” ujar Steve yang berdarah Inggris tersebut.
 
Dari hubungan tanpa ikatan pernikahan tersebut, Andi dikaruniai seorang anak yang diberi nama Darren Sterling Emmanuel.
 
Hubungan Andi Soraya dan Steve Immanuel kemudian merenggang. Keduanya lantas memutuskan untuk pisah rumah dan sepakat menjalani kehidupan masing-masing medio Mei 2008. Namun sebagai ayah biologis dari putra kedua Andi, Steve pun setuju untuk bertanggung jawab untuk pembiayaan kehidupan Darren.
 
Kini Andi Soraya sudah resmi menikah dengan Rudy Sutopo, seorang pengusaha kaya raya.

Sumber: Dari berbagai sumber

CLOSE