Logo Sail Komodo

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 8 tahun 2013 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Komodo tahun 2013, pada akhir Februari lalu. Keppres dikeluarkan sebagai upaya percepatan pembangunan dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dan pariwisata Indonesia, khususnya bagi masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dalam susunan Panitia Nasional, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono ditunjuk sebagai Ketua Pengarah Sail Komodo. Sementara Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Tjiptardjo ditunjuk sebagai Ketua Paniti Pelaksana Tingkat Pusat. Selanjutnya Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dedi H Sutrisna ditunjuk sebagai ketua pelaksana tingkat daerah.

Sesuai dengan keppres tersebut Panitia Nasional Sail Komodo harus segera menyiapkan dan menyelenggarakan Sail Komodo 2013. Juga menyusuan dan menyiapkan anggaran Sail Komodo. Mereka akan bertanggung jawab secara langsung kepada presiden.

Nantinya, Sail Komodo 2013 akan digelar dengan berbagai kegiatan. Di antaranya upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI di salah satu pulau terluar, bakti sosial dan pelayanan kesehatan, bakti kesejahteraan rakyat nusantara, badan usaha milik negara Peduli Komodo, Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari, Ekspedisi Kapal Riset Internasional dan Ekspedisi Ilmiah Pulau Terluar, Seminar Nasional dan Internasional, Reli Kapal layar, kegiatan tentang potensi pariwisata, budaya dan alam serta wawasan kebangsaan dan bela negara, penyelenggaraan olahraga bahari, pameran potensi daerah dan festival Derawan 2013.

Penulis: Ezra Sihite