Sejumlah pengunjung melintas di dalam terminal bandara Kualanamu yang mendekati rampung, di Kabupaten Deli Serdang, Sumut. Bandara Kualanamu memiliki luas sekitar 1.360 hektar.

Medan - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara H Nurdin Lubis optimistis Bandara Kualanamu Internasional yang berlokasi di Desa Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang bisa selesai tepat waktu, pada September 2013.

Usai Rapat Koordinasi Pemilukada secara serentak tujuh kabupaten di Kantor Gubernur Sumut di Medan, Senin (2/4), Nurdin mengatakan, pengerjaan proyek bandara yang cukup megah tersebut hampir rampung dan tinggal sedikit lagi.

Bahkan, jelasnya, belum lama ini mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau Bandara Kualanamu yang merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sumut, juga merasa bangga dan banyak kemajuan dalam pengerjaan proyek besar tersebut.

"Kita tunggu saja kapan dilaksanakannya peresmian Bandara Kualanamu tersebut," ujar Sekda Nurdin.

Sebelumnya, pemimpin Proyek Bandara Internasional Kualanamu Ir Joko Waskito mengatakan, pembangunan Bandara Kualanamu Internasional masih terus dikerjakan agar bisa selesai tepat waktu.

"Saya yakin bandara yang dibiayai dari sumber dana lokal melalui APBN murni, Departemen Perhubungan dan anggaran PT (Persero) Angkasa Pura II (sektor privat) ini selesai sesuai ketentuan," katanya ketika dihubungi dari Medan.

Menurut Joko, Bandara Kualanamu itu dapat selesai, karena saat ini pengerjaan proyek tersebut telah rampung mencapai 95 persen dan tinggal merapikan bangunan.

"Jadi, masih ada waktu cukup panjang untuk menyelesaikan sisa 5 persen lagi bangunan Bandara Kualanamu itu. Selesainya bandara internasional itu, juga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sumut," ucap dia.

Luas area Bandara Internasional Kualanamu mencapai 1.365 hektare, area terminal 118.930 meter persegi (M2), kapasitas terminal 8.1 juta pax per tahun, luas area parkir 50.820 meter persegi (M2), gudang kargo seluas 13.000 meter persegi (M2) dan kapasitas parkir, 407 taksi, 55 bus dan 908 mobil.

"Pengerjaan Bandara Internasional Kualanamu itu dilakukan oleh arsitektur putra-putra terbaik dari Indonesia.Peralatan yang digunakan juga cukup canggih," kata Joko.

Penulis: /NAD

Sumber:Antara