Pesawat Garuda Indonesia.

Medan - PT Garuda Indonesia akan membangun hotel berbintang di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), karena melihat potensi perekonomian di wilayah tersebut dinilai terus berkembang.

Pembangunan hotel berbintang itu sendiri akan menggandeng Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Demikian yang dikemukakan oleh Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar mengatakan, usai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama bidang jasa angkutan udara dengan Pemprov Sumsel di Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/5).

Penandatanganan kerja sama jasa angkutan udara itu selain dihadiri Gubernur Alex Noerdin, juga Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Nugroho Widyotomo, dan Ketua DPRD Sumsel, Wasista Bambang Utoyo.

Menurut Emirsyah, pihaknya sekarang telah mengusulkan kepada Gubernur Sumsel terutama masalah penyediaan lahan pembangunan hotel tersebut.

Memang, kata dia, pembangunan hotel sebagai investasi jangka panjang terutama dalam pengembangan perusahaan penerbangan tersebut.

Selain akan mendirikan hotel pihaknya juga bekerjasama pembuatan bentuk atau contoh pesawat Garuda di asrama haji Palembang.

Pihaknya akan membantu dalam pembuatan contoh atau duplikasi pesawat menyerupai bentuk sebenarnya di asrama haji Palembang.

Bukan itu saja yang akan dilakukan pihak garuda, tetapi juga akan menambah pesawat dan jam penerbangan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Kesemuanya itu dilakukan karena Gubernur Sumsel sangat mendukung perkembangan penerbangan termasuk dengan pihak PT Garuda Indonesia.

Alex Noerdin menyambut baik atas dilaksanakan berbagai kerja sama tersebut termasuk rencana pembangunan hotel.

Khusus untuk hotel, Gubernur minta supaya perusahaan penerbangan tersebut membangun hotel bintang lima. Ini dikarenakan perekonomian Sumsel sudah semakin berkembang termasuk tingkat menginap di provinsi tersebut cukup tinggi.

Sementara mengenai pembangunan duplikasi pesawat di asrama haji Palembang diharapkan calon jamaah haji lebih memahami mengenai seluk beluk dalam penerbangan sebelum berangkat haji.

Yang jelas, lanjut Alex, Sumsel ingin semakin maju termasuk sumber daya manusianya sehingga kerja sama tersebut salah satu bentuk peningkatan perekonomian dan kualitas penduduk.

Penulis:

Sumber:Antara