Ilustrasi HUT Jakarta

Jakarta - Kota Jakarta akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 486 pada 22 Juni mendatang. Ini merupakan perayaan HUT Jakarta yang pertama kali di bawah kepemimpinan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) DKI bidang Pemerintahan sekaligus Ketua Panitia HUT Jakarta Sylviana Murni mengatakan, perayaan HUT Kota Jakarta kali ini lebih semarak dan dapat dinikmati semua kalangan. Sekitar 35 kegiatan akan memeriahkan perayaan HUT Kota Jakarta 2013, di antaranya Jakarta International 10K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan berbagai kegiatan olah raga, seni dan promosi lainnya.

"Gubernur DKI memastikan perayaan HUT Jakarta diisi oleh berbagai kegiatan yang merupakan partisipasi penggiat seni budaya, olahraga, dunia usaha, komunitas tertentu dan jajaran Pemprov DKI Jakarta. Dari 35 kegiatan, 11 kegiatan antaranya olahraga, 11 kegiatan seni budaya dan tiga kegiatan lainnya berupa promosi," kata Sylviana di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin (6/5).

Seluruh kegiatan tersebut akan dimulai pada 2 Juni hingga 31 Juli 2013. Semua rakyat akan dihibur oleh seluruh kegiatan yang akan melibatkan partisipasi warga Jakarta, komunitas dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI.

Pencanangan HUT Kota Jakarta akan dipusatkan di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulo Gadung, Jakarta Timur pada hari Minggu (2/6), pukul 08.00. Sementara secara serentak di lima wilayah lainnya juga digelar pencanangan HUT Kota Jakarta, seperti Taman Ayodya di Jakarta Selatan dan Kantor Wali Kota Jakarta Barat untuk kawasan Jakarta Barat.

Sementara itu, pada malam puncak HUT pada 22 Juni 2013 akan digelar Apel Besar yang diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI bersama dengan Warga Jakarta di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, pukul 07.00. Kemudian pada pukul 10.00 digelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 486 Kota Jakarta di DPRD DKI Jakarta. Dilanjutkan dengan resepsi makan malam bersama tamu undangan. Menariknya dalam acara jamuan makan malam ini akan dihidangkan 486 nasi tumpeng sumbangan dari warga Jakarta di seluruh wilayah.

"Kita juga akan menggelar Jakarta Night Festival pada 22 Juni yang menghibur warga Jakarta dengan 8 panggung hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI), sama seperti perayaan malam tahun baru 2013 lalu. Penutupan jalan total akan dilakukan pukul 19.30 hingga 23.00," ujarnya.

Untuk logo dan tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-486 Kota Jakarta, Sylviana menerangkan bahwa pihaknya terinspirasi penggambaran Jakarta yang penuh keragaman sebagai miniatur Indonesia. Serta mendekatkan warga dan Jakarta pada keramahan lingkungan. Logo yang terbentuk dari beberapa bentuk daun/air yang sederhana berfilosofi keeratan antar seluruh budaya di Indonesia. Kemudian, ilustrasi gambar Monas sebagai simbol lambang ibukota Indonesia dan warna-warni sebagai simbol keragaman.

"Logo kali ini juga dilandasi nilai-nilai multikultural, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan apresiasi, kepedulian dan kecintaan masyarakat ibukota terhadap karya seni dan budaya anak bangsa, khususnya budaya Betawi," paparnya.

Tema yang diusung dalam HUT Kota Jakarta ke-486 adalah "Jakarta Baru, Jakarta Kita" yang bermakna konsep kerakyatan dalam kebersamaan. Tema tersebut juga berarti semangat untuk mengubah dan menata Jakarta yang lebih manusiawi (humanis), bermasa depan yang lebih baik (futuris), memiliki kekhasan (branding) dengan tetap menjaga keragaman yang tumbuh dan berkembang di Jakarta (pluraris).

Penulis: Lenny Tristia Tambun