Kendaraan ditutupi salju tebal.

Pernahkah Anda mengenal atau mengetahui lokasi paling dingin dan memiliki suhu paling rendah yang ada di bumi?

Jika Anda belum mengetahuinya, laman News baru saja melansir sepuluh lokasi paling dingin yang ada di muka bumi ini.

1. Antartika

Menurut Ted Scambos, seorang peneliti di National Snow and Ice Data Center di Boulder, Colo, lokasi atau tempat terdingin di bumi ada di Benua Antartika, dimana kondisi temperatur yang pernah tercatat mencapai minus 93.2 derajat cekcius pada tanggal 31 Juli 2013.

2. Antartika

Untuk posisi kedua, kondisi temperatur paling dingin yang juga pernah dicatat, masih ditempati oleh Benua Antartika, tepatnya di Vostok Research Station, yang mencatatkan kondisi temperatur minus 89.4 derajat celcius pada tanggal 21 Juli 1983.

3. Verkhoyansk, Rusia

Kondisi temperatur rata-rata di kota Rusia pada bulan Januari 2013 berkisar di angka minus 45.8 derajat celcius. Uniknya, pada tahun 1892, penduduk yang ada di kota Verkhoyansk mengalami kondisi suhu minus 67.7 derajat celcius.

4. Oymyakon, Rusia

Penduduk yang tinggal di kota Oymyakon penah mengalami kondisi suhu minus 67.7 derajat celcius pada tanggal 6 Februari 1933, atau sama dengan kondisi suhu paling dingin yang dirasakan oleh mereka yang tinggal di Verkhoyansk.

5. North Ice Research Station, Greenland

Stasiun penelitian North Ice Research milik Inggris yang ada di Greenland, mencatatkan kondisi suhu paling dingin terjadi pada tanggal 9 Januari 1954, dimana suhu saat itu mencapai angka minus 66.1 derajat celcius.

6. Snag, Yukon, Kanada

Kota ini merupakan yang paling dingin di negeri Kanada. Lokasi Snag, ada di sebelah barat daya Alaska. Kondisi suhu terdingin yang pernah dialami oleh kota ini ada di level minus 63 derajat celcius.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber: News