Ilustrasi daging.
Daging harus disimpan dengan cara yang tepat agar tetap segar dan awet saat disimpan dalam lemari es.

Anda sering berbelanja kebutuhan daging dalam jumlah yang banyak? Agar daging tersebut  dalam kondisi yang baik sebelum diolah, tentu Anda harus menyimpannya dalam kulkas atau freezer bukan? Agar daging tetap baik saat disimpan ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan berikut ini.

1. Bungkuslah daging dengan baik.
Daging yang disimpan dalam freezer harus dibungkus dengan baik untuk mencegah terjadinya freezer burn. Kondisi ini terjadi apabila daging menjadi rusak karena dehidrasi serta oksidasi karena udara yang masuk ke dalam daging.

Bungkuslah daging dalam kemasan plastik bening. Pastikan tidak ada kantung udara atau udara yang terjebak dalam bungkusan itu sehingga daging yang disimpan tak terkena freezer burn. Tekanlah plastik sehingga daging terbungkus dengan rapat. Dengan pembungkusan yang baik, niscaya daging dapat tersimpan dalam freezer tanpa terkena freezer burn.

2. Simpan dalam suhu -12 derajat Celcius.
Daging beku dapat disimpan dalam freezer dengan suhu -12 derajat Celcius . Cobalah cek temperatur dalam freezer menggunakan termometer, apakah freezer mampu mendinginkan dalam suhu yang kita inginkan agar kualitas daging tetap terjaga.

3. Kemaslah daging dalam kemasan-kemasan terpisah.
Anda bisa mengemas daging dalam satu kemasan dengan daging untuk empat anggota keluarga yang bakal dimasak sekaligus, dan lain-lain. Ini dimaksudkan agar daging tidak terkena freezer burn, karena daging dalam kemasan yang sudah dibuka langsung digunakan seluruhnya untuk dimasak.

4. Daging segar bisa disimpan dalam kulkas di bagian chiller.
Daging bisa terjaga kesegaran dengan menaruhnya dalam chiller atau bagian yang terletak di bawah freezer dalam suhu 2-5 derajat Celcius. Daging ini bisa disimpan selama tiga hari sebelum dimasak.

5. Berikan label dan tanggal di setiap kemasan.
Praktikkan FIFO (first in, first out) atau kemasan yang pertama masuk harus pertama keluar. Ini dilakukan untuk menghindari freezer burn serta daging yang rusak, selain itu Anda akan mengetahui daging apa yang ada dalam kemasan.

Penulis:

Sumber:Care2