Mengintip Tren Pastry 2015

Strawberry Pizza dipamerkan dalam Festival dan Pameran Kue "Patissera" di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (23/10). (Beritasatu.com/Danung Arifin)

Oleh: Mutia Nugraheni / MUT | Kamis, 23 Oktober 2014 | 14:03 WIB

Sajian kue berukuran mungil atau pastry yang berhias cokelat, buah serta taburan warna-warni memang selalu mengoda selera untuk segera mencicipinya. Tak hanya yang memiliki rasa manis tapi juga yang gurih dan pedas. Bentuk yang cantik serta rasa yang enak membuat pastry disukai banyak orang.

Tak heran kalau kemudian olahan pastry juga memiliki tren sendiri di dunia kuliner. Hal ini pula yang jadi latar terselenggaranya Patissera 2014, sebuah pameran pastry dan bakery yang diselenggarakan oleh PT. Gandum Mas Kencana. Acara ini digelar di Balai Kartini, Jakarta Selatan, 23 Oktober 2014, dengan memperlihatkan olahan pastry dan bakery yang nantinya bakal jadi tren di 2015.

"Ini bisa jadi inspirasi bagi mereka yang suka membuat pastry dan bakery, terutama pelaku-pelaku usaha di bidangtersebut," ujar Iman Setia, Marketing Communications PT Gandum Mas Kencana.

Tren yang paling menonjol dalam bidang pastry adalah olahan kue-kue yang sehat, yang mengandalkan sayuran dan buah segar sebagai campurannya. Seperti Vegetable Dorayaki yang terbuat dari zuchhini serta paprika merah dan hijau.

Vegetable Dorayaki

Ada juga Beetroot Black Forests. Beetroot yang mengandung vitamin A dan C yang tinggi serta zat besi dijadikan campuran adonan Black Forest. Rasa beetroot yang khas berpadu dengan rasa cokelat, sehingga jadi lebih kaya.

Untuk hiasan kue, warna-warna ombre tampaknya bakal mendominasi. Mengandalkan keindahan gradasi warna, tren kue ombre ini bisa jadi tren seperti "rainbow cake". Salah satu kue yang dipamerkan di acara Patissera 2014 yang bernuansa ombre, yaitu Japanese Ombre Loaf Cake yang mengandalkan ubi ungu sebagai bahannya. Lalu ada juga Baumkuchen Ombre dan Ombre Deco Roll.

Ombre Deco Roll

Untuk membuat gradasi warna pada Ombre Deco Roll ini memang ada teknik tersendiri, yaitu dengan melakukan pemanggangan selama dua kali.

"Pemanggangan pertama sekitar satu menit, untuk mengeluarkan gradasi warna, lalu yang kedua baru sekitar 18 menit di suhu 180 derajat celcius, untuk mematangkan adonan," ujar Chef Sugeng, salah satu chef dari PT. Gandum Mas Kencana.

Jadi, tahun depan bisa jadi bakal banyak sekali menu-menu pastry yang berasal dari bahan-bahan sehat dan organik. Seperti sayuran dan buah-buahan. Tentunya olahan pastry tersebut disajikan cantik dengan permainan gradasi warna.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT