The Amazing Race Asia Season 5 Promosikan Pariwisata Indonesia

The Amazing Race Asia Season 5 Promosikan Pariwisata Indonesia
The Amazing Race Asia. ( Foto: Istimewa )
Mardiana Makmun / AB Kamis, 28 Juli 2016 | 13:58 WIB

Jakarta - Ajang lomba petualangan The Amazing Race Asia (TARA) Season 5 dimulai. Program reality show ini akan tayang di AXN Channel pada Oktober 2016 mendatang. Sebanyak 11 tim peserta amazing race dari tujuh negara, termasuk Indonesia, akan menjelajah Indonesia sebagai bagian dari beberapa negara di dunia yang akan mereka kunjungi.

Peserta akan menghadapi tantangan di lokasi yang tersebar di 10 destinasi utama Asia (lima di antaranya di Indonesia), dimulai dari Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipei, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali untuk memperebutkan hadiah utama uang tunai US$ 100.000

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bangga Indonesia dipilih menjadi salah satu destinasi The Amazing Race Asia Season 5. Apalagi acara top ini akan ditonton 85 juta rumah tangga di 20 negara.

"Momen ini merupakan kesempatan emas bagi pariwisata Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan serta keunikan Indonesia yang memesona, 'Wonderful Indonesia'," kata Arief Yahya dalam acara "The Jakarta Racers Reveal Press Event" yang digelar AXN untuk mengenalkan TARA Season 5 di Jakarta, Kamis (28/7).

"Apalagi dari 10 episode, lima episode digelar di lima kota di Indonesia. Sisanya digelar di lima negara," kata Arief.

Jutaan orang Indonesia juga akan menonton lomba petualangan ini karena akan disiarkan juga di televisi nasional. "Jadi kita doakan peserta Indonesia akan menang," kata Arief optimistis.

12 Juta Wisman
Menurut Arief, acara yang didukung oleh Garuda Indonesia ini cukup efektif untuk mempromosikan dan mendongkrak jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia. "Value-nya besar. Sekitar US$25 juta dan itu untuk ukuran promosi, value-nya besar. Walaupun masih di bawah gerhana matahari," ungkap Arief.

Menpar Arief Yahya mengatakan "Wonderful Indonesia" dipromosikan dengan menggunakan strategi media melalui pendekatan POSE (paid media, owned media, social media, dan endorser) dan pada kegiatan promosi kali ini menggunakan paid media, yakni AXN Channel dalam program TARA Seasons 5 yang menjangkau hampir seluruh wilayah Asia dan sebagian besar merupakan pasar utama pariwisata Indonesia.

“Tahun ini kita menargetkan 12 juta wisman, 61 persen diharapkan akan datang dari Singapura, Malaysia, Tiongkok, Australia dan Jepang, sebagai pasar utama pariwisata Indonesia,” kata Arief Yahya optimistis.

Sementara itu, data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia menunjukkan pada Januari 2016 jumlah kunjungan wisman mencapai 814.300 kunjungan. Angka itu naik 3,6 persen dibanding kunjungan Januari 2015.

Senior Vice President dan General Manager, Sony Pictures Television Networks Asia, Ang Hui Keng mengatakan Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia terutama untuk wisata, budaya, dan petualangan.

“Kami menyambut gembira Kementerian Pariwisata menjadi sponsor TARA Musim ke-5 yang akan memberikan inspirasi pemirsa untuk merencanakan liburan jangka panjangnya ke Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia,” kata Ang Hui Keng.

AXN dalam reality show akan membuat serangkaian seri di beberapa lokasi destinasi wisata, yakni Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali sebagai "Wonderful Indonesia".

Tayangan ini juga menampilkan artis film Indonesia, Tara Basro, yang juga menjadi co-host pada beberapa episode TARA mendampingi Alan Wu sebagai host TARA. Selain itu, sebagai bagian dari kampanye pariwisata, selama enam bulan TARA akan memperkenalkan beberapa lokasi favorit sebagai destinasi unggulan di Indonesia serta berbagi cerita tentang "Wonderful Indonesia".

Acara reality show TARA pertama kali tayang 2005, sedangkan musim ke-4 tayang pada 2012. Sebanyak 11 tim terpilih yang ikut TARA Season 5 akan melakukan perjalanan ke 10 destinasi utama Asia selama 20 hingga 35 hari, dimulai dari Jakarta, Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipei, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali.

Tim pertama yang tiba di lokasi final akan mendapatkan hadiah utama US$ 100.000 dan beberapa hadiah pada tiap pemberhentian bila tim tersebut memenangi tantangan tertentu.

Sumber: Investor Daily
CLOSE