4 Tips Membuat Semur Ayam Lezat Tiada Duanya

Intip koleksi resep, tips membuat semur ayam lezat yang tiada duanya. ()

Oleh: / TON | Senin, 13 Februari 2017 | 00:00 WIB

Semur ayam, yaitu ayam dengan bumbu yang terbuat dari perpaduan kecap dan rempah-rempah, merupakan salah satu santapan favorit. Empuknya daging ayam serta rasa manis dan gurih yang meresap, menghadirkan sensasi rasa yang menggelitik lidah. Sajian ini pun merupakan kawan kuliner yang fleksibel karena bisa disantap bersama nasi, lontong, atau ketupat.

Sekilas terdengar seperti ayam kecap, tetapi sebenarnya berbeda karena semur ayam disajikan dengan kuah. Tantangannya justru terletak di bagaimana membuat rasa bumbu kuahnya meresap sampai ke dalam daging ayamnya.

Resep spesial berisi bahan-bahan pilihan tersedia untuk kamu yang ingin bereksperimen membuat semur ayam. Dilihat dari resepnya, memang semur ayam ini tergolong mudah dibuat, tetapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya sajian ini sesuai harapan dari segi cita rasa dan aroma. Berikut tips dan trik untuk semur ayam yang menggugah selera.

1. Setelah ayam dibersihkan, lumuri dengan jeruk nipis atau cuka dan garam supaya bau amisnya hilang. Kamu hanya cukup mengoles permukaan daging ayamnya saja, tidak perlu mendiamkan atau merendamnya untuk waktu yang lama. Setelah bau amisnya kurang lebih hilang, cuci daging ayam hingga bersih. Daging ayam sudah siap untuk diolah.

2. Goreng ayam setengah matang atau tumis sampai air mengering, sebelum dimasak dengan bumbu. Dengan demikian, bumbu lebih meresap dan ayam tidak mudah hancur.

3. Tips lainnya supaya bumbu lebih meresap adalah dengan memasak dengan api yang kecil. Dengan api kecil, proses memasak akan agak lebih lama namun kematangan dan meresapnya bumbu lebih merata. Sementara itu, api yang besar memang membuat sajian lebih cepat matang, tetapi rasa semurnya tidak akan terasa sampai ke dalam daging ayam.

4. Usai sudah proses pembuatan semur ayam. Kini kamu kamu bisa menikmatinya dengan nasi selagi hangat. Tetapi tunggu dulu karena ada satu tambahan yang biasanya luput dari resep-resep semur ayam pada umumnya. Taburkan bawang goreng di atas semur ayam untuk mengundang selera makanmu. Dijamin kamu akan ketagihan dan semur ayam akan habis dalam sekejap.

Setelah sukses mengolah semur ayam yang lezatnya tidak diragukan lagi, pasti kamu penasaran ingin menggali lebih banyak resep hidangan khas Indonesia. Inspirasi resep apa lagi ya yang cocok untuk "petualangan" kulinermu? Intip koleksi resep, tips, dan tutorial dari Kecap Manis Bango dan temukan kawan kulinermu selanjutnya.

official website bango






Sumber:
ARTIKEL TERKAIT