Liburan di Manado? Ini 7 Kuliner Halal yang Bisa Dicicipi

Liburan di Manado? Ini 7 Kuliner Halal yang Bisa Dicicipi
Kuliner Manado dikenal beragam dengan cita rasa unik.
/ TON Rabu, 12 Juli 2017 | 00:00 WIB

Manado kini mulai dibidik wisatawan asing sebagai destinasi favorit. Kota ini tak pernah sepi dikunjungi, terutama saat libur panjang. Setiap sudutnya seakan menjadi magnet baru dalam dunia pariwisata, termasuk wisata kuliner.

Kuliner Manado dikenal beragam dengan cita rasa unik. Selain itu, sajiannya menarik dan menggugah selera makan. Kudapan mana saja yang bisa dicicipi? Berikut rekomendasinya.

1. Dabu-Dabu

Dabu-dabu merupakan sambal berbahan cabai yang rasanya sangat pedas. Bahan tersebut dikombinasikan dengan irisan tomat, air jeruk nipis, gula, dan sedikit garam. Tak ketinggalan, taburan bawang merah dipotong dadu melengkapi tampilan sambal ini. Selanjutnya, dihidangkan bersama ikan bakar atau goreng. Anda bisa menemukan kuliner dabu-dabu di semua rumah makan Manado.

2. Nasi Kuning Saroja

Ingin kuliner murah meriah? Cobalah berkunjung ke Saroja di Jalan Diponegoro, Manado. Di sana tersedia nasi kuning saroja yang dibanderol dengan biaya Rp3.000 sampai Rp11.000 per porsi.

Nasi kuning saroja merupakan kudapan favorit di pagi hari. Masakan tradisional ini disajikan bersama lauk daging sapi, ikan cakalang, sambal, dan bawang goreng. Karena itulah, tampilan dan rasanya berbeda dengan nasi kuning di daerah lain.

3. Woku Balanga

Woku balanga merupakan nama makanan khas Manado yang berasal dari ikan. Nama ini diambil dari cara dan tempat memasaknya. Ikan diolah menggunakan belanga dan dicampur bumbu-bumbu woku, seperti kunyit, daun serai, kemangi, dan daun jeruk nipis.

Beberapa macam ikan yang dimasak dengan olahan woku balanga, antara lain kerapu, kepiting, dan udang. Selain itu, ayam dan bebek pun bisa dibuat woku balanga. Untuk menikmati sajian tersebut, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp26.000 per porsi.

4. Tinutuan

Mampir ke Manado, sempatkan mencicipi tinutuan. Kuliner ini berbahan dasar beras dan labu kuning yang diolah menjadi bubur. Penyajiannya dicampurkan dengan aneka sayuran, antara lain bayam, kangkung, daun melinjo, dan jagung. Sebagai penyedap, diberikan taburan daun bawang.

5. Cakalang Fufu

Suka makan ikan tongkol? Cakalang fufu adalah santapan paling tepat. Berbahan dasar tongkol putih atau cakalang, kudapan ini dibuat melalui proses pengasapan. Cara menyajikannya dengan saus atau santan.

Cakalang fufu banyak dijual di warung tradisional. Ada pula yang dijadikan buah tangan. Anda bisa menemukannya di kawasan Jembatan Sario atau pasar konvesional. Cobalah menikmati kuliner ini saat masih panas, pasti sangat lezat.

6. Es Brenebon

Wisata kuliner tak melulu soal makanan. Minuman dingin yang satu ini pun wajib dicicipi. Namanya es brenebon, terbuat dari kacang merah. Bahan tersebut dihidangkan bersama serutan es, sirup, dan susu kental manis. Anda bisa membelinya di kawasan Jembatan Mianggas.

7. Tuturuga

Mulanya, tuturuga berbahan dasar daging kura-kura. Lambat laun, diganti dengan ayam atau sapi karena larangan memburu hewan langka tersebut. Kuliner ini disajikan bersama taburan sayur dan kuah kuning.

Masakan tuturuga hampir sama dengan opor. Namun, kudapan ini memiliki resep khusus khas Manado sehingga rasanya istimewa. Harga satu porsi tuturuga sekitar Rp26.000.

Manado terlalu indah untuk dijelajahi selama satu hari. Semestinya, Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata kuliner jika bermalam di sana. Kalau masalahnya adalah akomodasi, Airy Rooms siap memberikan solusi. Situs jaringan hotel ini merekomendasikan hotel murah di Manado dengan harga ramah di kantong.

Tak perlu khawatir soal fasilitas karena setiap penawaran dari Airy Rooms mengutamakan kualitas. Semua kamar-kamar yang direkomendasikan sudah dilengkapi AC, televisi, toilet pribadi, perlengkapan mandi, dan masih banyak lagi. Selain itu, proses transaksinya pun mudah. Tinggal buka website, Android Apps, atau iOS, lalu bayar tagihannya lewat ATM transfer. Bisa juga melalui kartu kredit dan gerai Indomaret.



Sumber: (sumber : cepamagz.com)
CLOSE