Sejumlah petugas merapikan salah satu kamar di sebuah hotel di Yogyakarta. Jelang liburan panjang, hotel-hotel di Yogyakarta kebanjiran pemesanan kamar, dengan tingkat hunian kamar (okupansi) rata-rata mencapai 80 persen bahkan hingga 95 persen.
Banyak Wisatawan menghabiskan waktu liburannya bersama rombongan

Liburan panjang membuat Jogjakarta, salah satu magnet wisata di Jawa, kebanjiran pengunjung.

Sejumlah pengelola hotel di kawasan Prawirotaman, Jogja, mengaku sebagian besar kamar hotel dan penginapan  di wilayah ini sudah habis dipesan hingga hari Minggu, 20/05/2012.

"Sudah penuh, Mas, kami kedatangan tamu rombongan dari Bandung," kata Dari, petugas front office Hotel Chandra Kirana, di Jalan Parangtritis, kepada Beritasatu.com, Kamis (17/05/2012).

Prawirotaman merupakan 'kampung turis' yang belakangan ini menjadi 'darling' wisatawan dalam dan luar negeri yang sedang melancong ke Jogja.

Meskipun dipenuhi hotel dan penginapan hemat, daerah di sekitar pojok benteng kidul (sebelah selatan istana) ini tetap bisa mempertahankan suasana kampung tradisional Jogja yang asri, ramah dan aman.

Barangkali karena susana kampung itulah Prawirotaman menjadi pilihan -- selain karena aksesnya ke Malioboro atau Keraton yang cukup mudah.  

Chandra Kirana merupakan salah satu hotel lama di pinggir jalan raya Parangtritis -- termasuk 'halaman depan' Prawirotaman. Terletak tidak jauh dari Pasar Desa Prawirotaman, Chandra Kirana memiliki 22 kamar full AC dengan tarif Rp 250.000 satu malam.

Tak jauh dari Chandra Kirana terdapat hotel Indah Palace. Hotel berbintang tiga dengan tarif antara Rp 650.000 - Rp 750.000 ini juga penuh tamu. "Hari Sabtu ada kosong satu kamar," kata petugas layanan tamu hotel 35 kamar yang dilengkapi satu kolam renang kecil ini.

Tak hanya hotel di jalan raya, hotel dan penginapan di 'halaman dalam' (masuk ke dalam Jalan Prawirotaman), juga penuh. Hotel Kirana, misalnya. Hotel yang menjadi langganan para selebritas Jakarta (Dian Sastrowardoyo, Mira Lesmana, Nicholas Saputra, misalnya, pernah bermalam di sini) itu memiliki 15 kamar dengan tarif Rp 395.000. "Semua kamar sudah terisi penuh sampai hari Minggu," kata Eddy, petugas front office Kirana.

Tak berbeda dengan Kirana, Hotel Wisma Gajah juga penuh. Hotel dengan aksen rumah lawas ini memiliki 28 kamar, dengan tarif Rp 300.000.

Penulis: /WBP