Jeruk Lemon
Buah ini memiliki sejumlah manfaat yang bisa digunakan

Buah jeruk lemon biasanya selalu digunakan untuk menghilangkan bau amis pada saat memasak ikan.

Sebenarnya, ada sejumlah kegunaan lain yang juga dikandung oleh jeruk lemon.

Sejumlah masalah yang terdapat dibawah ini bisa diselesaikan dengan mudah oleh lemon atau potongan kulitnya.

Membersihkan Bekas Kopi
Untuk membersihkan bekas kopi atau teh yang menempel dalam gelas, bisa menggunakan segenggam potongan kulit lemon yang dicampurkan dengan air panas. Kocok selama 1-2 menit, buang airnya dan bilas kembali sampai bersih.

Membersihkan Microwave
Jeruk lemon dapat membersihkan kotoran yang melekat dalam oven dengan cara memasukkan kulit lemon ke dalam mangkuk microwave. Isi setengah bagian mangkuk dengan air dan masak dalam suhu tinggi selama 5 menit. Biarkan didihan air kulit lemon mengembun pada ruang bagian dalam micorwave, dan tinggal basuh menggunakan lap basah.

Mengusir Noda Minyak
Sebelum membersihkan sisa minyak dengan air, sabun, dan kain, gunakan lemon untuk mengusir noda minyak. Taburkan sejumput garam ke dalam perasan setengah buah lemon, dan gosokkan ke area berminyak, lalu basuh dengan kain.

Menghilangkan Bau
Kulit lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di area sekitar pembuangan sampah di dapur.

Menggosok Bahan Tembaga dan Khrom
Timbunan mineral dalam keran air atau barang lain yang terbuat dari bahan tembaga dan khrom bisa diperhalus dengan menggosokkan setengah bagian lemon. Setelah selesai, bilas dan keringkan dengan kain.

Mengusir Semut atau Serangga
Serangga sangat tidak menyukai rasa asam yang terdapat dalam lemon. Cincang kulit lemon, lalu meletakkannya dekat lubang, jendela, yang menjadi jalan masuk bagi semut dan hewan kecil lainnya.

Pengharum Ruangan
Masukkan saja potongan kulit lemon ke dalam sebuah wadah berisi air, dan didihkan perlahan dengan api kecil untuk melembabkan dan mengharumkan ruangan.

Melunakkan Gula
Kulit lemon bisa melunakkan gula merah. Namun, pastikan untuk membersihkan kulitnya lebih dulu. Kelembaban kulit lemon akan melunakkan kerasnya tekstur gula merah.

Menambah Rasa
Entah kulit lemon segar, kering, hingga yang dibekukan sekalipun, semuanya bisa menyedapkan olahan makanan, secara alami lagi. Anda bisa menambahkan cincangan kulit lemon ke dalam salad, ikan, hingga sajian roti.

Menghias Hidangan
Kulit lemon yang dipotong panjang bisa dibentuk menjadi spiral, bunga, atau bentuk lain untuk menghiasi makanan dan minuman.

Penulis: