Kedai makanan ekstrem di Beijing
Contoh makanan ekstrem China
Siapkan nyali untuk menyantap makanan ekstrem ini.

Di Donghuamen Night Market, landmark jajanan pinggir jalan Beijing, jangan harap Anda menemukan makanan “konvensional” dijajakan. Sebab, di sana Anda akan melihat bahwa piring-piring penuh dengan serangga dan potongan tubuh hewan yang tidak normal.

Pusat jajanan sepanjang 200 meter itu telah ada sejak 1984 dan merupakan tempat yang cocok untuk mencoba makanan yang menantang. Dengan pilihan yang beragam, pasar malam ini menawarkan menu makanan yang berbahaya di dunia. Berikut ini adalah lima menu yang paling ekstrem.

1. Kalajengking Goreng
Menurut penjual makanan ini, kalajengking yang digoreng menetralkan racun yang ada di dalamnya. Bahkan, ekor yang mematikan itu dikatakan memiliki nutrisi yang sangat banyak.

Kalajengking goreng ini ditawarkan dalam ukuran dewasa dan bayi. Keduanya memiliki rasa seperti popcorn. Beberapa pedagang menaburkan bubuk cabai di atas kalajengking itu.
Harga: RMB 15 (US$ 2,4) per stick.

2. Kepompong Ulat Sutra
Dengan lapisan luar yang renyah kecokelat-cokelatan, kepompong ulat sutra bukanlah serangga yang lezat. Kepompong ini seperti bunga karang di dalamnya dengan sedikit lumpur.

Makanan ini memiliki rasa seperti udang, tapi beberapa orang mengatakan teksturnya menjijikkan. Makanan ini sangat panas dan dapat membakar lidah Anda jika tidak hati-hati.
Harga: RMB 15 per stick.

3. Kelabang
Sangat susah untuk menelan serangga yang panjang dan berkaki banyak ini ke dalam mulut. Rasanya pahit, akan lebih enak jika ditaburi garam dan lada.
Jangan lupa membawa pembersih gigi karena kaki kelabang yang tajam biasanya tertinggal di sela-sela gigi Anda.
Harga: RMB 30 per stick.

4. Belalang
Memakan belalang bukanlah hal asing di Asia, terutama di Jepang dan Thailand.
Pedagang di Donghuamen menggembor-gemborkan bahwa belalang ini serangga yang ramah lingkungan dan memiliki serat yang tinggi. Penuh dengan protein, belalang goreng ini terasa seperti ayam goreng.
Harga: RMB 18 per stick.

5. Kuda Laut
Kuda laut dikatakan memiliki kandungan kesehatan yang baik untuk ginjal. Di Donghuamen, hewan laut ini dicelupkan ke dalam minyak dan digoreng menggunakan stick.

Kuda laut ini merupakan salah satu makanan termahal yang dijual di tempat ini. Rasa makanan ini seperti ikan goreng dengan bawang putih, sedangkan yang lain mengatakan rasanya seperti ikan kukus.
Harga: RMB 50 per stick.

Penulis: