Makanan yang Membuat Anda Lebih Pintar, Telur
Makanan yang Membuat Anda Lebih Pintar, Kopi
Makanan yang Membuat Anda Lebih Pintar, Karbohidrat Kompleks
Sejumlah makanan ini dapat meningkatkan kecerdasan otak lewat kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Memiliki otak  yang  pintar dan punya ide yang cemerlang, tentunya menjadi harapan dan keinginan kita semua.

tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kebutuhan otak.

Seperti dikutip dari laman bodyandsoul, berikut adalah daftar sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak.

1. Karbohidrat Kompleks
Beberapa jenis karbohidrat dapat memberikan glukosa ke otak, yang diperlukan untuk bahan bakar sel otak yang bertanggung jawab untuk konsentrasi, memori dan belajar. Sumber yang baik dari karbohidrat kompleks termasuk roti gandum, oat, beras merah, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

2. Antioksidan
Kalangan peneliti percaya bahwa mengonsumsi makanan antioksidan tinggi dapat membantu penuaan otak sekaligus memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Bahan antioksidan ini, dapat ditemukan dalam buah-buahan berwarna cerah dan sayuran seperti blueberry, wortel dan alpukat. Makanan lain yang kaya antioksidan termasuk kacang merah, apel, pecan dan plum.

3. Kuning telur
Telur tidak hanya menjadi sumber protein, namun juga mengandung kolin yang sangat bagus untuk menguatkan memori otak. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, sebaiknya  konsumsi dua telur dengan instensitas tiga sampai empat kali seminggu.

4. Kopi
Kopi pagi tidak hanya sekedar membangunkan Anda, namun juga dapat meningkatkan kekuatan otak Anda. Konsumsi kopi bahkan telah dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit Alzheimer, penyakit otak yang mempengaruhi memori, pikiran dan bahasa.

5. Sage
Studi terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak sage dapat meningkatkan kinerja memori otak. Cukup tuangkan satu cangkir air matang dan seduh daun sage kering. Tutup selama 10 menit dan saring, untuk dinikmati sebagai minuman yang baik bagi otak Anda.

6. Air
Otak manusia terdiri dari sekitar 75 persen air, sehingga zat ini mutlak penting untuk kinerja otak yang optimal. Oleh karenanya, biasakanlah untuk minum segelas air saat Anda pertama kali bangun pagi.

7. Ikan
Ikan mengandung tinggi asam lemak EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). Ikan juga dinyatakan oleh sejumlah ahli banyak mengandung asam lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh. Adapun jenis ikan yang baik untuk otak adalah tuna, makarel, salmon, trout dan ikan sarden.

8. Kelp
Kelp atau sayuran rumput laut dipercaya sangat tinggi magnesium, kalsium dan yodium yang merupakan bahan diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh secara normal. Kekurangan tiga zat ini diketahui menyebabkan gangguan mental, pertumbuhan terhambat dan masalah belajar pada anak.

9. Cokelat
Mengkonsumsi cokelat dalam bentuk yang paling murni, bebas dari gula, susu dan bahan olahan lainnya sangat baik untuk perkembangan otak. Para ilmuwan sekarang telah menemukan perubahan fungsional dalam bagian otak yang mendukung pembelajaran dan memori makin terstimulasi lewat kandungan cokelat.

10. Kenari
Menariknya, biji kenari terlihat seperti miniatur otak. hal ini mengingatkan kita untuk terus memberi makanan yang baik untuk otak. Kenari sangat penting untuk kinerja sistem saraf guna menjalankan fungsi kognitif. Tambahkan kenari ke bubur pagi Anda atau nikmati segenggam sebagai camilan.

Penulis: