Ilustrasi Beberapa Minuman yang bisa mencegah penuaan dini
Beberapa minuman memiliki manfaat untuk mengurangi proses penuaan dini

Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk, menjadi alasan utama banyaknya orang yang sekarang ini memiliki garis-garis halus sebelum mencapai usia yang sesungguhnya alias mengalami proses penuaan dini.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar tubuh tetap terlihat segar dan senantiasa muda selalu.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat seperti brokoli, kubis, gandum dan buah persik, Anda juga harus menyertakan beberapa minuman sehat dalam program ini.

Seperti dilansir laman boldsky, berikut adalah daftar minuman yang dapat memperlambat terjadinya proses penuaan dini.

Air
Minuman yang satu ini sangat penting untuk menghindari tubuh kekurangancairan (dehidrasi). Anda selalu mendengar saran dari ahli kecantikan tentang perlunya minum banyak air. Air membantu membuang racun dan zat berbahaya dari sistem tubuh sekaligus membantu melembabkan kulit dan membuka pori-pori.

Teh hijau
Salah satu minuman sehat yang tidak hanya baik untuk kulit namun juga untuk kesehatan tubuh. Banyak pelaku diet minum 2-4 cangkir teh hijau secara teratur, untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh mereka. Teh hijau memiliki polyphenols dan EGCG (antioksidan) yang bermanfaat untuk kulit dan rambut.

Jus tomat
Sayuran ini kaya akan antioksidan. Lycopene (antioksidan) melawan penuaan dan membantu mempertahankan kulit bercahaya. Jika Anda tidak suka sayuran mentah, tomat bisa dijadikan jus untuk meningkatkan proses pencernaan dalam usus.

Cokelat panas
Mengkonsumsi secangkir cokelat panas diseduh, membuat Anda akan memiliki jantung yang sehat dan kulit yang bercahaya. Sebuah studi dari Cornell University menyatakan bahwa kakao memiliki lebih banyak antioksidan daripada kopi, anggur merah dan teh hijau.

Anggur merah
Minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas, anggur merah dapat melindungi jantung dari penyakit dan membuat Anda terlihat muda dan cantik karena memiliki resveratrol (bahan anti-penuaan).

Penulis: /WBP