Ilustrasi Wisatawan Tengah Berselancar
Kegiatan ini bakal berlangsung mulai tanggal 14 sampai dengan 18 November 2012.

Dalam rangka mempromosikan objek wisata Pantai Sawarna yang ada di wilayah Banten Selatan, Dinas Budaya dan Pariwisata Banten menyelenggarakan even gebyar Wisata sawarna.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banten Ajak Moelim mengatakan, tujuan penyelenggaraan Gebyar Wisata Sawarna tersebut dalam upaya memperomosikan destinasi wisata Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak wilayah pantai Selatan Banten.

"Ada berbagai pertunjukan kesenian tradisional, pawai budaya, band, dan wayang golek Ajen yang digelar di lokasi Pantai Sawarna," kata Ajak.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut digelar mulai 14 hingga 18 November 2012. Gebyar Sawarna diisi dengan berbagai pentas seni dan budaya yang melibatkan masyarakat setempat.

Menurut dia, kegiatan tersebut sengaja digelar bertepatan dengan libur panjang akhir pekan atau "long weekend" sehingga diharapkan bisa menyedot kunjungan wisatawan dan masyarakat setempat untuk memeriahkan acara tersebut.

"Salah satu pertunjukan yang menarik masyarakat adalah wayang golek dibawakan Dalang Ajen yang cukup terkenal," katanya.

Ajak mengatakan, Pantai Sawarna sebagai salah satu objek wisata unggulan di Banten diharapkan dapat menjadi magnet kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan Desa Sawarna, sudah ditetapkan dalam tiga besar desa wisata nasional.

"Pantai Sawarna memiliki daya tarik tersendiri, pantainya cocok untuk 'surfing'. Selain itu, Pantai Sawarna juga masih terjaga kealamiannya," kata Ajak.

Menurut Ajak, Pantai Sawarna sudah cukup terkenal sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisasatawan lokal maupun mancanegara. Namun pihaknya berharap, kedepan jumlah kunjungan wisatawan ke Pantai Sawarna bisa meningkat seperti ke Pantai Anyer.

"Jumlah wisatawan ke Banten, sekitar 70 persennya masih didominasi ke Pantai Anyer. Kedepan dengan diselenggarakannya Gebyar Wisata Sawarna bisa meningkatkan angka kunjungan wisatawan seperti halnya ke Anyer," kata Ajak.

Penulis: /WBP