Ilustrasi Destinasi wisata di Phuket, Thailand

Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan tampaknya masih belum bisa menyaingi Thailand yang muncul sebagai negara yang paling dicari di internet secara umum.


Situs pencarian perjalanan Skyscanner mencatat Singapura, Malaysia dan Thailand masih menjadi tiga tujuan terpopuler bagi para wisatawan asal Indonesia. Akan tetapi, Indonesia belum bisa mengalahkan Thailand sebagai destinasi terfavorit.


“Kami melihat banyak pertumbuhan yang menarik dari beberapa tujuan internasional yang tidak populer sebelumnya. Kami percaya dengan banyaknya penerbangan murah di Asia, harga tiket menjadi kompetitif sehingga memungkinan wisatawan Indonesia untuk memiliki lebih banyak pilihan tujuan,” ujar Ira Noviani, Manajer Skyscanner Pengembangan Pasar untuk Indonesia


Demam K-Pop juga mendorong para wisatawan Indonesia untuk mencari tahu mengenai perjalanan wisata ke Korsel. Skyscanner menemukan kenaikan luar biasa untuk pencarian negara-negara seperti Korea Selatan (475%), disusul oleh Uni Emirat Arab (298%), Taiwan (281%), Hong Kong (263%) dan Belanda (237%) dibanding tahun lalu.


Ira mengatakan wisatawan Australia sementara ini tetap menduduki tempat tertinggi yang mengunjungi Indonesia pada tahun 2012, dan kebanyakan dari mereka mendatangi surga pantai, Bali. Disusul oleh wisatawan dari Singapura, Rusia dan Inggris.


Laporan tren perjalanan juga menunjukkan bahwa Jakarta, Bali dan Surabaya tercatat sebagai tujuan wisata dalam negeri yang paling banyak dicari wisatawan.  Sebanyak 58% wisatawan Indonesia yang berpergian bersama keluarga lebih memilih tujuan wisata dalam negeri dan rata-rata mereka melakukan pemesanan untuk keperluan perjalanan tersebut 43 hari sebelum bepergian.


Akan tetapi, Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan tampaknya masih belum bisa menyaingi Thailand yang muncul sebagai negara yang paling dicari di internet secara umum. Negara ini juga menduduki tempat tertinggi sebagai tujuan wisata paling digemari oleh keluarga-keluarga di Asia.


“Hal ini sama sekali tidak mengejutkan kalau Thailand muncul sebagai negara yang paling dicari di kawasan Asia Pasifik. Thailand memiliki banyak hal yang ditawarkan – dari pantai yang bersih dan makanan-makanan yang lezat sampai ke wisata belanja yang terjangkau serta pesta-pesta yang menarik – semua tersedia bagi siapa saja,” ujar Ewan Gray, Direktur Regional Asia Pasifik Skyscanner.


Menghadapi tahun 2013, Skyscanner memproyeksikan tren pertumbuhan mobile internet akan berperan besar dalam merencanakan perjalanan. Sejak aplikasi ‘mobile' Skyscanner diperkenalkan pada tahun 2011, Skyscanner mencatat kenaikan penggunaan, yang sampai sekarang sudah diunduh lebih dari 12 juta kali.


Ekspansi dan munculnya sejumlah maskapai baru seperti Scoot dan Malindo di kawasan Asia Pasifik akan mendorong pasar pariwisata. Pertumbuhan ini akan berjalan seiring dengan meningkatnya kelas menengah.


Sementara itu, wisatawan Indonesia diperkirakan akan lebih berani merencanakan perjalanan jauh ke negara seperti Korea Utara, Uni Emirat Arab, Belanda, Turki dan Cina.


10 Besar Tujuan Wisata Internasional bagi Wisatawan Indonesia:

1.Singapura

2.Malaysia

3.Thailand

4.Australia

5.Hongkong

6.Amerika Serikat

7.Inggris

8.Cina

9.Jepang

10.Belanda


10 Besar Tujuan Wisata Domestik:

1.Jakarta

2.Bali

3.Surabaya

4.Yogyakarta

5.Medan

6.Makassar

7.Balikpapan

8.Batam

9.Mataram

10.Padang

Penulis: