Hasil gambar yang diambil menggunakan Sony Xperia Z oleh fotografer Nicoline Patricia Malina.

Jakarta - Sony kembali menggebrak persaingan ponsel di Tanah Air dengan meluncurkan smartphone barunya, Xperia Z dan Xperia ZL, Kamis (14/3). Mengusung tagline "Experience the best of Sony in a smartphone", pihak Sony mengaku optimistis kedua ponsel pintar ini mampu memenangkan pasar di Indonesia di tahun 2013.

"Kita punya capture, connectivity, display dan design," ujar Head of Channel and Brand Activation Sony Mobile Communications Indonesia, Oky Gunawan, di Jakarta, Kamis siang. "Semua pilar terbaik Sony itu akan disatukan dalam sebuah smartphone yang sudah didesain sedemikian rupa dengan sangat cantik," sambungnya.

Memang, fitur yang disematkan dalam ponsel dengan layar berukuran 5 inci ini tidak tanggung-tanggung. Untuk urusan foto, misalnya, kedua ponsel Xperia terbaru ini memiliki kamera belakang 13,1 megapixel yang mampu mengambil 10 gambar tiap detik. Dilengkapi juga dengan fitur Exmor RS dan sensor gambar video High Dynamic Range (HDR), Xperia Z dan ZL diklaim mampu memberikan gambar jelas dalam kondisi backlight sampai minim cahaya sekali pun.

Untuk mengoptimalkan display, Sony membekali Xperia Z dan ZL dengan layar Full HD Reality Display serta teknologi Bravia Engine 2, sehingga keduanya mampu menampilkan gambar tajam dengan warna yang hampir serupa aslinya. Layar ponsel ini juga disusun dari materi gelas yang antigores bahkan antipecah, sehingga pengguna tak perlu khawatir apabila ponsel terlepas dari genggaman dan jatuh.

Teknologi "one touch connectivity" yang disemat pada Xperia Z dan ZL juga menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Sony kali ini. Fungsi ini memungkinkan pengguna berbagi musik, gambar, dan video secara nirkabel, dari ponsel ke perangkat Sony yang berteknologi NFC, seperti speaker, headphone, bahkan televisi. Pengguna hanya perlu menyentuhkan Xperia Z atau ZL ke perangkat-perangkat tersebut untuk menikmati koneksi tanpa kesulitan yang berarti.

Di samping itu, keseluruhan body Xperia Z dilengkapi dengan pertahanan IP55 dan IP57, menjadikan ponsel ini antidebu dan air. Hal ini menambah nilai tersendiri, di samping desain OmniBalance yang mempercantik tampilan luarnya. Varian berwarna hitam, ungu, dan putih tersedia untuk seri Xperia Z, sementara Xperia ZL memiliki varian hitam dan putih.

Tak ketinggalan, Xperia Z dan ZL juga dilengkapi dengan teknologi musik yang menjadi andalan Sony dalam produk-produk Walkman sebelumnya. Teknologi 3D Surround Sound (VPT) dan Bluetooth stereo (A2DP) melengkapi kejernihan audio, bass, dan stereo ponsel, dengan slot yang dapat menampung memori card berkapasitas hingga 32 GB. Pengguna juga dapat menikmati streaming online video di situs Youtube yang didukung dalam kedua tipe ponsel ini.

Selain menggandeng operating system (OS) Android Jelly Bean seperti beberapa seri sebelumnya, Sony bekerja sama dengan operator Indosat dalam peluncuran Xperia terbaru ini. Ponsel ini memiliki prosesor quad core 1,5GHz Snapdragon S4 dengan 2GB RAM. Seri Xperia Z dilempar ke pasar mulai minggu ini dengan harga Rp7,5 juta, sementara Xperia ZL akan mulai dipasarkan minggu depan dengan harga Rp6,7 juta.

 

Penulis: Khara Gracia