Ada "Taufik Hidayat" di Game Android

Screenshot game Jump Smash yang memasukkan Taufik Hidayat dan Simon Santoso sebagai karakter game (Beritasatu.com)

Oleh: Shesar Andriawan / FMB | Senin, 21 Oktober 2013 | 20:23 WIB

Jakarta - Siapa tak kenal Taufik Hidayat? Mantan pebulutangkis putra asal Pangalengan ini sangat tersohor di Indonesia juga luar negeri. Meskipun sudah pensiun, namun rupanya ia masih punya daya pikat.

Mediasoft, pengembang gim asal Malaysia memasukkan Taufik Hidayat ke dalam gim Jump Smash (Android, iOS, dan Windows Phone) untuk menarik perhatian, khususnya di Indonesia. Selain Taufik, ada pula Simon Santoso yang menjadi karakter dalam gim.

Namun di dalam gim nama Taufik disamarkan menjadi Taurek dan Simon menjadi Santos. Nampaknya ini karena Mediasoft tak membeli lisensi resmi dari pihak-pihak bersangkutan.

Tak cuma nama pemain, sponsor-sponsor pertandingan pun disamarkan : Somi (Osim), X-One (Yonex), My bank (Maybank), Axia (Axis), dan Troton (Proton).

Prakter serupa bukan hal baru di dunia gim. Konami dengan serial Winning Eleven (kini PES) jamak melakukannya dengan nama-nama klub : Catalonia (Barcelona), Merseyside Red (Liverpool) ataupun North London (Arsenal).

Namun daya tarik Jump Smash untuk gamer Indonesia rasanya hanya sampai pada dimasukkannya Taufik Hidayat dan Simon Santoso. Saat dimainkan gameplay Jump Smash terasa rumit. Gamer harus menggerakkan karakter sambil bersiap memukul kok.

Bukan hal sepele mencoba memukul kok karena harus menyapu layar di waktu yang tepat. Tambah lagi kok terlihat sangat kecil di layar.

Sebagai perbandingan game 3D Badminton (Android dan iOS) punya gameplay yang lebih sederhana. Dengan sudut pandang orang pertama, gamer cukup fokus memukul kok. Pergerakan karakter ditangani oleh AI (artificial intelligence) dalam game. Di samping itu kok terlihat besar di layar sehingga mudah mengantisipasi pergerakannya.

Jump Smash memang jauh dari sempurna. Namun jika ingin mencoba memainkan Taufik Hidayat dalam sebuah mobile game, tak ada salahnya dicoba.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT