Televisi dengan Teknologi Nano Cell Resmi Beredar di Indonesia

LG UHD TV dengan teknologi Nano Cell. (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Jumat, 19 Mei 2017 | 18:08 WIB

Jakarta - Jelang akhir semester pertama tahun ini, PT LG Electronics Indonesia memperkenalkan TV Ultra High Definition (UHD) terbarunya. Kemampuan reproduksi gambar lebih realistis, akurasi warna dan kestabilan warna dalam sudut menonton lebih lebar menjadi tiga keunggulan utama TV yang lahir sebagai generasi ketiga lini premium LG Super UHD TV ini.

Ketiga keunggulan ini tak lepas dari benaman teknologi Nano Cell yang dikatakan menjadi inovasi terkini dalam teknologi pewarnaan pada panel LCD.

"Generasi terbaru LG Super UHD TV ini mewakili komitmen sekaligus keberhasilan LG untuk terus menggerakkan teknologi media penampil ke level lebih tinggi," ujar Product Marketing TV LG Electronics Indonesia, Riki Siuwandy, Jumat (19/5).

LG memberikan dua varian bentang layar bagi LG Super UHD TV terbarunya ini. Keduanya yaitu 65SJ850T yang ukuran layarnya 65 inci dan 55SJ850T dengan bentang layar 55 inci.

Lebih lanjut, Riki Siuwandy, menyatakan, teknologi Nano Cell dalam LG Super UHD TV terbaru ini merupakan penggunaan partikel khusus dalam ukuran seragam dengan diameter sekitar satu nanometer yang melapisi panel TV. Penggunaan panel dengan partikel khusus ini, salah satunya berguna menyerap kelebihan pancaran cahaya gelombang warna pada tayangan.

Dengan teknologi TV LED yang masih mengandalkan susunan lampu LED untuk pencahayaan belakang (LED backlight), kemampuan panel dengan lapisan Nano Cell ini menjadi penting mengingat kelebihan pancaran cahaya gelombang warna seringkali membuat sebuah TV tak mampu menghasilkan warna sesuai dengan konten hasilnya.

"Sebagai contoh, warna hijau pada tayangan sebuah TV dengan teknologi sebelumnya dapat berbaur dengan gelombang warna lain seperti kuning atau biru. Akibatnya, warna tayangan tampak pudar atau bahkan memiliki pendar yang membuatnya tampil kekuningan," kata Riki.

Dengan kemampuan menyerap kelebihan pancaran cahaya gelombang warna ini, teknologi Nano Cell pun memiliki presisi lebih baik dalam menyaring dan membedakan lebih banyak warna. Presisi reproduksi warna pada teknologi Nano Cell ini membuatnya tak hanya mampu menghasilkan warna lebih dramatis, namun pula menjaga stabilitas warna pada tiap gambar tertayang. Disisi lain, teknologi Nano Cell mampu mereduksi pancaran cahaya pada layar meskipun di bawah pencahayaan sekitar ruang yang sangat terang menimpa layar TV.

Yang tak kalah penting, padunya teknologi Nano Cell dengan panel layar IPS 4K pada LG 65SJ850T dan 55SJ850T ini membuat pengguna dapat menikmati kualitas tayangan yang sama meskipun menonton dari posisi berbeda hingga 60 derajat.

"Dengan kemampuan ini, tak ada lagi istilah sudut terbaik menonton TV. Setiap anggota keluarga dapat menikmati tayangan dengan kaya warna dan tetap stabil meskipun dari sudut menonton yang berbeda," ujar Riki Siuwandy.

Semakin memantapkan superioritasnya dalam hal kualitas pewarnaan, LG menjalin kemitraan dengan Technicolor. Sebagai perusahaan yang berdiri sejak 100 tahun lalu dan menjadi standar dalam pewarnaan film, kolaborasi ini menunjukkan keseriusan perusahaan dalam mengembangkan TV dengan kualitas pewarnaan terdepan di kelasnya.

Melengkapi kehadirannya sebagai media hiburan di tengah ruang keluarga, LG Super UHD TV generasi ketiga ini dibuat dengan dukungan memainkan konten dalam format HDR (High Dynamic Range). Bahkan, untuk kemampuannya ini, LG Super UHD TV generasi ketiga ini dapat dikatakan memiliki kompatibilitas paling luas dalam menangani konten format HDR. Disamping format HDR 10, penggunanya pun dapat menikmati berbagai konten HDR Dolby Vision yang menawarkan pewarnaan lebih dramatis melalui kerja pemrosesan gambar yang dilakukan pada tiap frame.

Bilapun tak memiliki konten yang tersimpan dalam format HDR, pemilik LG Super UHD TV dengan teknologi Nano Cell ini masih dapat menikmati nuansa tayangan seperti format HDR. Hal ini berkat adanya fitur HDR Effect yang mampu meningkatkan kontras dan pencahayaan dari sumber konten asli yang Standard Definition menjadi bernuansa HDR.

"Seluruh kemampuan ini memberikan penggunanya semakin banyak opsi untuk menikmati berbagai tayangan favorit dengan teknologi pewarnaan TV terkini," ujar Riki.

Lebih lanjut, kata dia, hadirnya LG Super UHD TV dengan teknologi Nano Cell ini di Indonesia tak lepas dari upaya LG untuk mempercepat adopsi teknologi terkini bagi masyarakat di dalam negeri. Pertama kali diperkenalkan pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017, teknologi Nano Cell pada LG Super UHD TV generasi ketiga ini mendapat apresiasi tinggi dari berbagai media internasional.

"Kini, kami membawa teknologi terkini pewarnaan pada TV LED ini bagi masyarakat Indonesia," pungkasnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT