TV OLED LG Kembali Jadi Jawara

LG Signature OLED TV W (Istimewa)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Jumat, 16 Juni 2017 | 23:31 WIB

Seoul - Dalam persaingan teknologi TV yang diwarnai saling klaim sebagai yang terbaik antar pabrikan, TV OLED LG kembali membuktikan diri menjadi jawara.

Berdasar sebuah publikasi lembaga konsumen independen di Amerika Serikat (AS) LG Signature OLED TV W ditempatkan sebagai urutan pertama dalam raihan penilaian TV terbaik. Selain itu, aplikasi panel OLED pada TV disebutkan memiliki berbagai keunggulan yang membuat jajaran OLED TV dari beberapa pabrikan bertengger pada urutan puncak dibanding panel LCD LED.

"LG mempelopori kehadiran teknologi TV OLED dan sejak awal mendedikasikan sumber daya yang besar untuk perkembangannya bagi keuntungan penggunanya," ujar Presiden LG Electronics Home Entertainment Company, Brian Kwon, dalam siaran persnya, Jumat (16/6).

Penilaian yang dilakukan tersebut meliputi pada TV dengan bentang layar 60 inci ke atas dari berbagai pabrikan yang beredar di AS. LG Signature OLED TV W dikatakan unggul pada kualitas gambar, keluasan sudut menonton dan kecanggihan keseluruhan yang membuatnya meraih penilaian tertinggi diantara TV lainnya.

Tinjauan publikasi ini juga menunjukkan TV dengan panel OLED, tanpa memandang pabrikannya, menduduki lima peringkat teratas. Senada dengan raihan penilaian pada LG Signature OLED TV W sebagai pemuncaknya, OLED dikatakan memiliki keunggulan pada kualitas gambar dan keluasan sudut menonton.

"Publikasi dari berbagai lembaga terpercaya di dunia secara konsisten memberikan apresiasi OLED sebagai teknologi TV terbaik hingga saat ini," kata Brian Kwon.

Keunggulan teknologi ini, menurutnya, tak lepas dari karakteristik unik panel OLED. Bila panel LCD LED memerlukan pencahayaan belakang (backlight) dalam mereproduksi warna, sesuai namanya, Organic Light-Emitting Diode (OLED) memiliki kemampuan menghasilkan pencahayaan sendiri pada panelnya tanpa perlu pencahayaan belakang.

Dengan setiap piksel dapat dikontrol secara individual untuk menyala atau benar-benar mati tanpa adanya distorsi pencahayaan dari deret lampu di bagian belakang panelnya, OLED memiliki kemampuan untuk menghasilkan tingkat warna hitam sempurna dan detail lebih baik pada gambar dengan latar belakang gelap hampir tanpa distorsi pencahayaan.

Tanpa distorsi dari pencahayaan belakang pula yang membuat OLED mampu mempertahankan konsistensi warna dan kontras meskipun dari sudut menonton yang lebar. Hal ini sama artinya dengan memberi kebebasan lebih bagi penggunanya untuk menikmati tayangan dari TV OLED dari berbagai sudut menonton tanpa harus mengalami penurunan kualitas gambar.

Sementara dengan lebih dari satu miliar warna pada palet warna yang mampu dihasilkannya, OLED TV LG memiliki kemampuan menghasilkan gambar yang terkesan lebih hidup dan jernih.

"Dengan konsistensi berbagai lembaga terpercaya yang terus memberi peringkat OLED sebagai teknologi TV terbaik, ini menjadikan waktu yang tepat bagi untuk mengadopsi teknologi," kata Brian Kwon.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT