Cara Mengatasi Munculnya Iklan di Perangkat Ponsel Baru i

Ilustrasi Ponsel Pintar

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Senin, 19 Juni 2017 | 20:06 WIB

Jakarta - Seiring bermunculan berbagai macam aplikasi, seringkali aplikasi tidak resmi ikut serta di perangkat ponsel pintar (smartphone) baru.

Kenapa disebut tidak resmi? Tanpa disadari, kemunculan aplikasi tersebut, sebenarnya bukan bawaan dari perangkat. Hal ini, menyebabkan terjadinya banyak adware bermunculan setelah perangkat diaktifkan oleh konsumen.

Head of Marcomm ATL Evercoss, Suryadi Willim, mengatakan, case adware bisa dibilang sangat meresahkan konsumen karena menjadi tidak nyaman dalam penggunaannya.

"Hal ini, tentunya sangat meresahkan bagi konsumen dan juga bagi principal karena akan merugikan bagi kedua pihak. Dari sisi konsumen, akan dirugikan karena menyedot kapasitas baterai dan data. Sedangkan dari pihak principal, akan dirugikan karena konsumen akan beranggapan bahwa perangkat tersebut banyak virus atau malware," kata Suryadi, di Jakarta, Senin (19/6).

Namun, kata Suryadi, konsumen tidak perlu khawatir. Munculnya aplikasi tidak resmi, bisa di atasi dengan cara melakukan factory reset atau factory mode pada perangkat smartphone.

"Setelah melakukan factory reset, akan muncul aplikasi yang memang bawaan dari smartphone tersebut," kata dia.

Untuk cara pertama factory reset, pilih menu setting/pengaturan -> Back up & reset -> reset phone -> erase everything.

Selain itu, kata Suryadi, bisa juga dilakukan dengan cara kedua, yaitu factory mode. Matikan smartphone -> tekan tombol power + tombol volume up secara bersamaan -> Pilih factory mode -> Pilih Factory reset.

"Langkah factory reset ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan pada saat pertama kali membeli smartphone," tambahnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT