Tarik Peminat, Oculus Pangkas Harga Headset VR

Seorang pengunjung CES 2017 tengah menjajal perangkat teknologi Virtual Reality (VR) yang dikembangkan oleh Oculus. (AFP)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Selasa, 11 Juli 2017 | 17:12 WIB

New York - Perusahaan teknologi realitas virtual (virtual reality/VR), Oculus, kembali membuat pengumuman tentang pemangkasan harga perangkat headset Rift menjadi US$ 399 per unit.

Harga tersebut lebih murah dari harga resmi yang dirilis perusahaan kurang dari lima bulan yang lalu.

Dalam sebuah postingan di blog resminya, pihak Oculus menyatakan, harga baru untuk headset tersebut akan tersedia untuk "waktu terbatas" sebagai bagian dari promo penjualan di musim panas.

Pada saat perilisan perdananya di Januari lalu, pendiri Oculus, Palmer Luckey, mengatakan, dengan kisaran harga US$ 599, headset Rift tidak memberikan keuntungan kepada Oculus.

Namun, penurunan harga ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Oculus pada tahun ini. Sebelumnya, Oculus juga melakukan pemotongan harga headset Rift menjadi US$ 499 pada 1 Maret lalu.

Facebook membeli Oculus senilai US$ 2 miliar pada tahun 2014. Pembelian ini dimaksudkan agar Facebook bisa mengembangkan teknologi Oculus termasuk headset realitas virtual untuk para gamers, yang juga bisa dipakai di bidang lain seperti komunikasi, pendidikan dan hiburan.

Meskipun angka penjualan belum dirilis, banyak analis percaya bahwa headset tersebut masih kurang menarik dibanding penawaran harga diberikan oleh HTC dan Sony.




Sumber: CNBC
ARTIKEL TERKAIT