Secara Global, Kondisi Pasar PC Dinilai Terus Menurun

Ilustrasi komputer (Dok. Freeiconspng)

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Kamis, 13 Juli 2017 | 23:05 WIB

San Francisco - Data yang dirilis oleh lembaga riset pasar, Gartner, menyebutkan, angka pengiriman komputer pribadi (personal computer/PC) ke seluruh dunia terus merosot di kuartal kedua tahun ini.

Perkiraan awal yang dikeluarkan oleh Gartner menunjukkan, sebanyak 61,1 juta PC dikirimkan pada kuartal kedua tahun ini. Angka tersebut, mengalami penurunan 4,3 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara, laporan IDC Worldwide Quarterly Personal Computer Device Tracker menyatakan, pengiriman PC berada di angka 60,5 juta, atau mengalami penurunan sebesar 3,3 persen dibanding tahun sebelumnya.

Harga yang lebih tinggi karena terbatasnya pasokan beberapa komponen, dinilai sebagai salah satu faktor yang menghambat penjualan.

"Dalam kondisi ketidakseimbangan tren pasar di seluruh dunia, pasar PC global terus mengarah ke stabilisasi," kata manajer riset IDC, Jay Chou.

"Meskipun belakangan ini diwarnai isu kekurangan komponen dan pengaruhnya terhadap harga, kami memperkirakan momentum penggantian segmen komersial akan berkontribusi pada pertumbuhan pasar."

Pihak Gartner juga menekankan, industri PC terus mengalami kemerosotan dalam kurun waktu lima tahun belakangan. Capaian angka terakhir menjadi penurunan untuk tahun keenam secara berurutan.

Salah satu faktor yang menyebabkan terus menurunnya angka penjualan PC adalah meningkatnya permintaan laptop Chromebook yang didukung Google.

Penjualan Chromebook di seluruh dunia disebutkan meningkat sebesar 38 persen tahun lalu, sementara pasar PC secara keseluruhan menyusut enam persen.

"Chromebook bukan pengganti PC seperti sekarang, tapi bisa berpotensi berubah sebagai pengganti PC jika beberapa kondisi terpenuhi," kata analis utama Gartner, Mikako Kitagawa.

"Misalnya, infrastruktur konektivitas umum perlu ditingkatkan, konektivitas data mobile perlu lebih terjangkau, dan perlu memiliki kemampuan offline lebih banyak."

Pihak Gartner sendiri menempatkan HP peringkat teratas dalam penjualan PC, yang diikuti oleh Lenovo, Dell dan Apple.




Sumber: AFP, CNA
ARTIKEL TERKAIT