Apple Kenalkan iPhone X dan iPhone 8

Produk terbaru Apple, iPhone X, dipamerkan dalam sebuah acara di Steve Jobs Theatre, Cupertino, California, 12 September 2017. (AFP)

Oleh: Heru Andriyanto / HA | Rabu, 13 September 2017 | 04:58 WIB

California - Perusahaan teknologi Amerika Serikat, Apple, memperkenalkan telepon seluler terbaru yaitu iPhone X (dibaca "sepuluh") bersama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, Selasa (12/9) waktu setempat, semuanya dengan kemampuan pengisian daya nirkabel atau wireless charging.

Generasi terbaru iPhone ini akan menggunakan sistem pengisian daya nirkabel universal yang disebut Qi, yang sudah banyak tersedia di kafe, toko, dan bandara di berbagai negara.

Untuk pertama kalinya dalam keluarga ponsel Apple, iPhone X memiliki layar 5,8 inci dengan layar OLED dan kapasitas penyimpanan 64 GB atau 256 GB, harga mulai US$ 999 atau US$ 1.149 untuk kapasitas yang lebih besar di pasar Amerika Serikat.

Seperti diprediksi sebelummya, Apple membuang tombol "home" dan menggantinya dengan tombol virtual.

Ponsel canggih ini memiliki teknologi untuk mengenali wajah pengguna atau Face ID yang bisa dipakai untuk membuka kunci layar. Apple mengklaim teknologi ini sangat aman, sehingga kemungkinan orang lain bisa membuka layar adalah 1 berbanding 1 juta, lebih aman daripada sensor sidik jari dengan peluang 1 banding 50.000.

Menurut Apple, teknologi ini tidak bisa ditipu dengan foto wajah pengguna karena mendeteksi gerakan. Selain itu, wajah pengguna tetap bisa dikenali meskipun memakai kacamata atau topi.

Sementara itu iPhone 8 hadir dengan layar 4,7 inci dengan teknologi pengamanan Retina display dan iPhone 8 Plus memiliki layar 5,5 inci.

Apple juga memamerkan matras pengisi daya bernama AirPower yang akan diluncurkan tahun depan. Dengan matras ini, pengguna dapat mengisi daya iPhone, AirPods dan Apple Watch secara simultan.

Untuk saat ini, pengisian daya nirkabel masih memakai bantuan pihak ketiga. Sebagian besar produk wireless charger yang tersedia di pasar saat ini diklaim bisa digunakan untuk iPhone dengan harga tidak terlalu mahal, mulai US$ 8 di toko daring Amazon.

Apple bukan produsen ponsel pertama yang menawarkan pengisian daya nirkabel. Ponsel Samsung Galaxy sudah menerapkan teknologi ini, selain banyak ponsel Android papan atas lainnya.




Sumber: CNN Money, USA Today
ARTIKEL TERKAIT