Undangan peluncuran Samsung Galaxy S3 di London, Inggris Kamis (3/5) waktu setempat.
Hitung mundur peluncuran ponsel Galax S generasi ketiga dari Samsung

Samsung meluncurkan telepon seluler pintar Galaxy S3 di London, Inggris, Kamis petang waktu setempat atau Jumat dini hari nanti. Dalam website resminya Samsung menulis "Samsung Mobile Unpacked 2012" dan "The Next Galaxy will be releaved on May 3 at 7 pm UK".

Meski hanya tinggal beberapa jam saja sejumlah spekulasi telah membuncah di dunia maya. Beberapa di antaranya mengatakan smartphone baru dari pabrikan Korea itu akan antiair, berukuran layar lebih besar, lebih tipis, dan berteknologi 3D.

Tetapi menurut BBC dan Daily Mail, satu faktor yang akan menonjol dari Galaxy S3 adalah daya tahan baterainya yang lebih lama. Hal itu bisa terlihat dari prosesor dan sistem operasi yang digunakannya.

Menurut telusuran BBC, alih-alih menggunakan layar 3D, Samsung Galaxy S3  lebih memilih memperbarui prosesornya dengan Exynos 4 quad core.

Dengan chip 4 quad core, Samsung Galaxy 3 diklaim memberikan kinerja prosesor dua kali lipat, menghemat energi hingga 20 persen ketimbang Galaxy S2. Ponsel itu juga bisa merekam dan memainkan video dengan resolusi 1080p high definition.

Tentang sistem operasi, Galaxy sejak awal tampaknya telah identik dengan Android sehingga banyak yang menduga Galaxy 3 akan menggunakan Ice Cream Sandwich yang berpeforma mulus dan lebih hemat energi.

"Bagi pelanggan pada umumnya, prosesor tidak penting. Yang penting adalah pengalaman yang ditawarkannya," kata Carolina Milanesi, wakil presiden perusahaan riset teknologi, Gartner.

"Jadi faktor efisiensi baterai, respon layar sentuh yang lebih baik, dan kemampuan multitasking akan lebih menarik perhatian pengguna," sambung Milanesi yang diwawancarai BBC.

Adapun Samsung masih bungkam tentang gadget terbarunya itu.

Penulis: