Fungsi Kamera Ponsel Mulai Alami Pergeseran

Memotret model menggunakan Samsung Galaxy Note8 (dok. Samsung)

Oleh: Herman / FER | Selasa, 14 November 2017 | 18:05 WIB

Jakarta - Fitur kamera pada ponsel pintar atau smartphone telah berevolusi menjadi semakin canggih. Keberadaannya juga lebih diandalkan ketimbang kamera profesional. Sebuah laporan dari Deloitte memperkirakan bahwa lebih dari 90 persen foto yang dibagikan atau disimpan secara online, diambil menggunakan ponsel.

Fotografer senior, Oscar Motuloh, mengatakan, beberapa fungsi kamera profesional saat ini mulai bisa digantikan oleh kamera ponsel. Bahkan, ada beberapa majalah ternama yang memakai kamera ponsel untuk kebutuhan pengambilan foto sampul majalah.

Selain teknologi pada kamera ponsel yang sudah semakin canggih, menurut Oscar, salah satu kelebihan kamera ponsel adalah bentuknya yang ringkas, sehingga bisa segera digunakan ketika menemukan sebuah momen menarik. Selain itu, momen yang diabadikan juga bisa dengan cepat dibagikan.

"Fotografi merupakan perbaduan dari menangkap gambar dan berbagi momen. Dengan adanya smartphone, kedua hal tersebut dapat terjadi pada saat bersamaan," kata Oscar Motuloh, di acara workshop Smartphone Photography Made Easy yang digelar Samsung Electronics Indonesia, di Jakarta, Selasa (14/11).

Menurut Oscar, memotret menjadi semakin mudah dan praktis berkat kamera ponsel. Ini lantaran kamera ponsel dapat mengurangi jeda waktu antara pengambilan dan pengiriman foto.

Hal senada juga diungkapkan fotografer sekaligus pendiri Axioo Photography, David Soong. Menurutnya, fungsi kamera ponsel saat ini telah mengalami pergeseran. Bila sebelumnya hanya untuk keperluan personal, saat ini kamera ponsel juga mulai difungsikan untuk mendukung kegiatan fotografi profesional.

"Untuk foto wedding, saya memang masih menggunakan kamera profesional. Namun, ada beberapa hal yang juga bisa memanfaatkan kamera smartphone. Apalagi sekarang fitur-fitur di kamera smartphone sudah makin canggih. Seperti fitur Live Focus di Samsung Galaxy Note8 yang bisa menghasilkan efek bokeh, lalu optical zoom 2x dan digital zoom 10x untuk menangkap gambar dari jarak jauh," tutur David.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT