Apple: iPhone, Mac, dan iPad Terdampak Spectre dan Meltdown

Apple: iPhone, Mac, dan iPad Terdampak Spectre dan Meltdown
Dalam foto arsip tertanggal 19 September 2014 ini terlihat iPhone 6 dipajang di Apple Store di Paris. ( Foto: AFP )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Jumat, 5 Januari 2018 | 09:57 WIB

California - Apple Inc mengatakan semua komputer Mac dan perangkat iOS, seperti iPhone dan iPad, terdampak cacat keamanan pada cip yang disebut dengan Spectre dan Meltdown.

Apple telah merilis update piranti lunak terbaru untuk iPad, iPhone, iPod Touch, komputer dan laptop Mac, dan Apple TV untuk menangkal Meltdown. Apple Watch tidak tedampak. Update ini bisa diunduh melalui Apple Store, sumber lain dianggap tidak aman.  Update yang bisa diunduh adalah iOS 11.2, macOS 10.13.2, and tvOS 11.2

Apple menjamin update terbaru ini tidak akan memperlambat kinerja gawai. Perusahaan asal California itu akan merilis update untuk peramban Safari dalam beberapa hari ke depan untuk menangkal cacat keamanan Spectre. Update ini berpotensi memperlambat kinerja peramban sekitar 2,5 persen.

Pada Rabu lalu, Intel Corp melaporkan cip semikonduktornya mengandung kerentanan dalam teknik pemrosesan yang disebut speculative execution. Cacat produk ini mempengaruhi miliaran gawai di dunia.

Spectre membuat cip melakukan operasi yang tidak perlu, sehingga data yang seharusnya bersifat rahasia menjadi bocor. Meltdown juga mengambil informasi yang seharusnya rahasia. Peretas bisa mengeksploitasi kelemahan dalam cip Intel yang disebabkan Spectre dan Meltdown.



Sumber: BBC, Bloomberg