Ini Cara Mengambil Foto dengan Efek Bokeh Menggunakan Ponsel

Hasil foto dengan efek bokeh menggunakan kamera ganda Xiaomi Mi A1 (BeritaSatu Photo/Herman)

Oleh: Herman / YUD | Sabtu, 6 Januari 2018 | 11:02 WIB

Jakarta - Mengambil foto dengan efek bokeh atau blur semakin digemari para pengguna ponsel pintar (smartphone). Apalagi saat ini sudah semakin banyak smartphone dengan hardware mumpuni yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan efek bokeh, salah satunya Huawei nova 2i yang diluncurkan akhir 2017 lalu.

Efek bokeh sendiri adalah area tidak fokus (unfocused) atau buram (blur) dalam suatu foto yang berada di latar belakang objek.

Bagaimana cara mengambil foto dengan efek bokeh menggunakan smartphone? Berikut ini tip dari Huawei yang bisa dicoba.

1. Pastikan pencahayaan sempurna
Untuk mengambil foto dengan efek bokeh yang baik, pencahayaan merupakan hal yang penting. Karenanya, pastikan subjek foto memiliki pencahayaan yang cukup dan merata.

2. Pastikan fokus pada subjek foto jelas
Untuk memastikan hasil foto dengan efek bokeh yang maksimal, Anda harus menetapkan dan memfokuskan subjek foto dengan jelas. Hal ini akan membantu Anda untuk membuat subjek foto terisolasi dari latar belakang.

3. Gunakan ponsel dengan lebar bukaan lensa yang besar
Untuk mendapatkan efek foto bokeh yang baik, Anda memerlukan ponsel dengan bukaan lensa yang cepat dan lebar, minimal lensa dengan bukaan f/2.8, atau bahkan yang lebih baik lagi dengan bukaan f/2, f/1.8 atau f/1.4 untuk hasil yang lebih ideal.

4. Jarak antara subjek foto dengan latar belakang
Anda perlu memastikan ada jarak yang cukup antara subjek foto dan latar belakang ketika mengambil foto dengan efek bokeh, supaya hasilnya lebih maksimal. Coba beberapa kali untuk bisa mengetahui jarak yang paling ideal.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT