Ilustrasi bekerja sambil ngemil di kantor.

Saat ini, pekerjaan sebagai bankir, pengacara dan wiraswasta masih menduduki posisi tinggi dalam struktur hirarki penghasilan atau gaji.

Namun, dalam sebuah artikel terbarunya, HRM Asia melansir kemungkinan adanya perubahan dalam kondisi pekerjaan yang menghasilkan gaji paling tinggi di masa mendatang.

Kalangan Futurolog bahkan telah memprediksi bahwa pekerjaan yang tidak pernah ada di masa sekarang ini seperti Perawat Tanaman Vertikal" ataupun "Pembuat Implan (Bagian) Tubuh" akan menjadi sebuah profesi idaman di masa depan.

Pekerjaan yang bisa dibilang "agak aneh" tersebut, mirip dengan fenomena munculnya pekerjaan sebagai konsultan media sosial, yang mengalami booming dalam kurun lima tahun belakangan.

"Semua hal itu berawal dari munculnya tren," kata James Bellini, seorang futurolog terkemuka dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Inggris. "Misalnya, populasi manusia akan semakin banyak yang tua, dan itu berarti akan membutuhkan perawatan kesehatan yang berbeda," tambahnya.

Sementara itu, Ian Pearson yang banyak menulis buku tentang ilmu futurologi, melihat kemungkinan akan tumbuhnya pekerjaan baru di bidang augmented reality.

Pearson menambahkan, bahwa dengan teknologi yang lebih baik maka bakal semakin banyak orang harus fokus pada "keterampilan" untuk bertahan di dunia kerja.

"Seperti komputer yang bisa lebih cerdas, pekerjaan yang akan mengambil alih pernanan dimasa depan tentunya memerlukan keterampilan manusia seperti kepemimpinan, motivasi dan kasih sayang," katanya.

Seperti dilansir laman Asiaone, berikut adalah lima belas pekerjaaan yang diperkirakan bakal menghasilkan gaji cukup tinggi dimasa mendatang.

1. Arsitek Digital

2. Perawat Pribadi

3. Konsultan Kesejahteraan Lansia

4. Pembuat Implan Tubuh

5. Perawat Tanaman Vertikal

6. Ahli Limbah Data Digital

7. Pengontrol Iklim dan Cuaca

8. Desainer Avatar dan Hologram

9. Broker Pengatur Waktu Klien

10. Pengelola Brand Pribadi

11. Desainer Produk Anak

 

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Asiaone