Ilustrasi anak yang sedang berusaha menahan lapar karena puasa.

Manajemen hawa nafsu merupakan salah satu aspek paling penting dari aktifitas puasa di bulan ramadan. Kalangan umat Islam sejak lama selalu diimbau untuk tetap tenang dan sabar selama bulan yang suci ini.

Dalam sebuah hadits, Nabi sendiri pernah menyatakan orang yang berpuasa untuk tidak berkata kotor serta tidak berbuat bodoh, yang bisa membatalkan puasa.

Selain itu, Ramadan selalu memberi kesempatan kepada setiap umat muslim untuk menyucikan diri dan lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.

Karenanya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang yang berpuasa, untuk menjaga dirinya tetap berada di jalan yang benar.

Rileks
Letupan kemarahan sering muncul ketika orang merasa tegang atau stres, sehingga sangat penting untuk tenang dan rileks. Bernapas dalam-dalam adalah cara yang baik untuk mengurangi stres atau ketegangan.

Mendengarkan bacaan Al-Quran dan membaca Al-Quran juga dapat membantu menenangkan diri.

Berwudhu
Salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri ketika sedang stres di kantor adalah dengan berwudhu dan mengingat kepada yang maha kuasa.

Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk salat setelah mengambil wudhu. Panjatkan doa dan mintalah segala sesuatunya agar lebih menenangkan hati.

Tetap Diam
Selalu berusaha berdiam diri dan mengingat dalam hati untuk tidak melakukan hal yang bisa disesali, dapat membantu orang yang berpuasa tetap sabar.

Jika sulit sekali untuk tetap diam, melangkah pergi dari situasi yang membuat marah atau memancing emosi, juga dapat membantu ibadah puasa yang tengah dijalani.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:Aquilastyle