Ketika anda dan kekasih harus terpisahkan oleh batas kota, provinsi atau bahkan negara, ada beberapa cara mudah agar luapan rasa rindu tersalurkan dan tidak membeku sakit di dasar hati.

Pertama, manfaatkan kemajuan teknologi internet. Kemajuan teknologi informasi adalah juga kemajuan cara menjalin cinta. Dan beruntunglah generasi sekarang yang kemana-mana terhubung dengan perangkat komunikasi gadget lewat ponsel, tablet atau komputer.

Jika masing-masing punya waktu, anda dan kekasih bisa bicara di telepon selama mungkin bahkan untuk sambungan interlokal/internasional sekali pun. Untuk menghindari biaya pulsa, anda bisa menggunakan layanan gratis seperti VoxOx yang merupakan kombinasi Skype, Vonage, Google Voice dan Digsby.

Kedua, kirim pesan cinta tertulis. Layanan Blackberry message, Whatsapp dan sejenisnya bisa digunakan tanpa kena pulsa. Untuk soal ini tampaknya generasi muda sekarang sudah tahu betul.

Tulisan kasih yang tulus dibuat akan menjadi untaian puisi indah walau anda menggunakan bahasa sederhana sekali pun.

Tips tambahan: ketika anda sedang tidak enak hati atau jengkel, sebaiknya hindari menggunakan pesan tertulis. Ingat, omongan bisa cepat dilupakan, tapi tulisan tidak, selama belum dihapus. Ketika sudah rujuk kembali, lalu kekasih anda tak sengaja membaca kembali pesan-pesan lama yang penuh amarah dari anda, dia bisa kembali terluka. Jadi kalau marah, tumpahkan dengan kata-kata, atau diam sampai anda tenang kembali.

Ketiga, manfaatkan email juga. Anda bisa mengirim link lagu favorit berdua, atau lagu pilihan anda sendiri yang mewakili perasaan waktu itu. Lagu-lagu lawas bisa jadi pilihan, karena syairnya lugas dan spontan. Contoh: Kiss from a Rose, If Love is Blind, Cinta Putih (Katon B), Selamat Jalan Kekasih (Chrisye) dll.

Tambahkan pesan, tapi tak usah panjang-panjang, bisa satu kalimat pendek seperti ini: “Ingin tahu yang kupikirkan sekarang? Klik ya.”

Lagi, jangan marah di email!

Keempat, sekali-sekali traktir dia. Anda tahu banyak jaringan restoran cepat saji yang menawarkan jasa delivery. Cukup datang ke cabang di kota anda, pesan makan siang kesukaan dia, dan minta cabang di kotanya mengirim ke alamat kantor atau rumahnya. Tentu anda yang bayar.

Memperhatikan urusan perut adalah salah satu bentuk rasa peduli yang terdalam, anda akan tahu itu nanti.

NEXT >>

/HA