Jangan Anggap Remeh, Anemia Bisa Turunkan Kecerdasan Anak

Ilustrasi anak anemia (Istimewa)

Oleh: Herman | Senin, 11 Mei 2015 | 14:25 WIB

Jakarta - Jangan pernah menganggap remeh masalah anemia atau kurang darah pada anak. Bila berlangsung dalam jangka panjang dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat, anemia ternyata bisa menurunkan kecerdasan atau IQ anak.

Dr Trevino dari Kedokteran Komunitas Universitas Indonesia menjelaskan, secara umum anemia adalah berkurangnya kadar hemoglobin (Hb) di bawah normal sesuai dengan usianya.

Sama halnya dengan orang dewasa, anak yang anemia juga menunjukkan gejala seperti wajahnya tampak pucat, cepat merasa lelah, hingga kondisi badannya yang lemah.

"Anemia banyak disebabkan oleh kekurangan asupan mikronutrien seperti vitamin dan zat besi. Sementara mekanisme kerja di dalam otak sangat membutuhkan zat-zat tersebut. Makanya anemia bisa menurunkan kecerdasan dan IQ anak," kata Trevino di acara "Nestle Nutrition Institute" di Jakarta, Senin (11/5).

Selain itu, kekurangan zat besi yang menjadi penyebab anemia juga membuat anak sulit memusatkan perhatian dan mengikuti pelajaran dengan baik. "Tidak hanya berdampak pada penurunan kognitif, secara umum anemia juga membuat anak mudah terkena infeksi," ujarnya.

Data terakhir Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan, prevalensi anemia pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia sebesar 28,1 persen. Artinya, satu dari empat balita di Indonesia menderita anemia.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT