Zuikaffah Angkat Batik Cirebon di Koleksi SISTE i

Zuikaffah, brand busana muslim lokal, kembali meluncurkan koleksi terbarunya. Brand yang selalu mengusung kain-kain khas nusantara tersebut untuk kali ini mengangkat batik khas Cirebon, bertajuk SISTE

Oleh: Euis Rita Hartati / ERH | Kamis, 27 Oktober 2016 | 22:38 WIB

Jakarta- Zuikaffah, brand busana muslim lokal, kembali meluncurkan koleksi terbarunya. Brand yang selalu mengusung kain-kain khas nusantara tersebut untuk kali ini mengangkat batik khas Cirebon, bertajuk SISTE, warna perempuan. Dominasi warna pink menjadi pilihan koleksi fall winter kali ini.

Mila Meiliasari sebagai Art Director sekaligus Fashion Designer Zuikaffah mengungkapkan bahwa pemilihan batik Cirebon kali ini menurutnya sangat berbeda. Karena batik yang diangkat bukanlah batik Cirebon yang sudah dikenal orang seperti batik Mega mendung yang memiliki warna-warna terang.

Mila justru memilih batik remekan dan kembangan yang warnanya leih lembut seperti pink, dusty pink mengarah ke ungu, dan kuning kunyit lebut. “Saya sengaja meililih batik-batik tersebut agar masayarakat kita dan juga dunia international mengenal banyak koleksi batik Indonesia khususnya Cirebon. Jadi di Cirebon tidak hanya memiliki batik mega mendung tapi ada juga batik-batik lainnya yang tak kalah cantik,”ujar designer yang memulai karyanya secara tak sengaja ini.

Ciri khas Zuikaffah adalah berani memadukan pattern-pattern modern dengan batik. Dalam Koleksi SISTE kali ini batik remekan berwarna pink bercampur hitam dipadu dengan pattern garus-garis warna senada. Tampil sebagai pembuka runway koleksi zuikaffah koleksi pink hitam ini menampilkan sosok wanita yang feminism namun tegas. Ini trlihat dari pemilihan bahan yang relative lebih tegas, warna yang kuat, dan potongan desing yang maskulin. Meskipun demikian, koleksi ini tetap memunculkan sisi feminism dengan pemilihan aksen warna pink, detil swavroski berwarna pink dan payet-payet senada. Untuk menambah kesan kuat dan berani model menggunakan topi yang diberi detil yang pas dengan out fit yang dikenakan.

Tampilan koleksi SISTE yang lainnyamengangkat bahan bertekstur agak keras dengan batik kembangan yang berwana kuning kunyit lembut dengan dua design yang berbeda. Design pertama muncul sangat feminim dengan tampilan batik yang lebih mendominasi. Potongan setengah rok lebar dan penambahan bahan organi menonjolan sisi keanggunan perempuan. Sementara itu design yang satunya lebih terlihat ringan dengan outer panjang beraksen organdi dengan iner batik gamis lurus.

Koleksi SISTE lainnya adalah perpaduan yang lebih berani karena pattern bunga moderen dipadukan dengan batik klasik namun tetap berwarna pink. Potongan dress lebar dan inner celana panjang full batik menjadikan tampilan koleksi ini sangat pas untuk pergi ke pesta. Adapun koleksi terkahir yang ditampilkan dalam ajang International Islmamic Fair perpaduan batik dengan warna rosegold yang sekarang sedang digandrungi banyak perempuan.

Warna rosegorld dipadukan dengan batik kembangan bernuasa pink lembut yang sangat cantik dengan penambahan payet dan swavroski. Seluruh koleksi SISTE ini tetap akan diprouksi secara limited karena hampir seluruh koleksinya menggunakan batik tulis yang pengerjaannya memakan waktu lama dan pewarnaan yang cukup rumit.

 




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT