Lomba Masak Ikan Nusantara Hadir di Lippo Mall Kemang

Sajian makanan olahan ikan hasil sepuluh finalis lomba masak Taste of Indonesia yang di selenggarakan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, 11 Agustus 2017. (BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao)

Oleh: Indah Handayani / FER | Jumat, 11 Agustus 2017 | 22:12 WIB

Jakarta - Pemerintah menggelar Lomba Masak Ikan Nusantara dalam rangka perayaan 72 tahun Indonesia merdeka. Lomba masak ikan ini digelar oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kantor Staf Presiden Presiden (KSP), Sekretariat Negara (Sesneg), dan Kementerian Pariwisata (Kempar) dan Femina Group, di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Acara Lomba Masak Ikan Nusantara merupakan bagian dari Taste of Indonesia yang bertujuan untuk mendorong masyarakat lebih mengenal masakan ikan sekaligus meningkatkan konsumsi ikan yang merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Tercatat, lomba ini diikuti oleh 10 koki finalis yang berasal dari Gorontalo, Batam, Biak Papua, Jakarta, dan Pontianak. Tiga pemenang dari lomba ini berkesempatan mengidangkan menu mereka kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

  Lomba Masak Ikan Nusantara Hadir di Lippo Mall Kemang

Ketiga pemenangnya adalah Abdul Kadir asal Pontianak (Botok Ikan Masak Putih) keluar sebagai juara pertama. Juara kedua diraih Ruben Jeremia asal Jakarta (Gabus Pucung Sambal Pete), dan Narti Buo asal Gorontalo (Ikan Santan Goroho) sebagai juara ketiga.

Ketiga dipilih oleh dewan juri Vindex Tengker merupakan Chef Garuda Indonesia (VP Inflight Service) sebagai Ketua Penjurian Final Lomba Masak Ikan Nusantara, didampingi Dharmastuti Nugroho (Kepala Biro Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden), Johan Susmono (Ketua Pokja 3 Tim Penggerak PKK Pusat), Roy N Mandey (Ketua Umum DPP Aprindo), dan Vita Datau (Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata).Tidak ketinggalan Koordinator Penjurian, Chef Naldi Budhyarto (Editor Primarasa dan Kepala Dapur Uji Femina).

Staf Khusus Kepala Staf Kepresidenan, Chrisma Albanjar, mengatakan, kuliner Nusantara bukan hanya mengenai sesuatu yang dimakan tapi juga merupakan bagian dari budaya sebuah negara. Sebab, kuliner dihasilkan berasal dari daerah masing-masing dengan menggunakan bahan setempat.

"Terlebih, Indonedia memiliki beragam sumber makanan yang membuat kulinernya sangat kaya dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu, acara ini dihadirkan untuk mengenalkan seluruh kuliner Indonesia dari berbagai penjuru daerah," ungkap Chrisma.

Lomba Masak Ikan Nusantara Hadir di Lippo Mall Kemang

Sementara itu, Chef Vindex, mengatakan, acara tersebut diadakan untuk meningkatkan budaya makan ikan, meningkatka persatuan bangsa dengan memperkenalkan masakan ikan khas daerah ke masuarakat Indonesia di darrah lain. Serta, memajukan bangsa melalui kuliner nusantara.

"Tujuan acara ini sebenarnya membuat orang lebih suka makan ikan, karena 70 persen dari wilayah kita adalah bahari. Tak kalah dengan negara lain kita menghasilkan berbagai hasil laut dengan kualitas sangat baik, contohnya tiram dari perairan Lombok," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Corporate PR Lippo Malls, Nidia N Ichsan, mengatakan, pihaknya merasa bangga Lippo Mall Kemang bisa menjadi bagian pada acara Taste of Indonesia, terutama menjadi lokasi Lomba Masak Ikan Nusantara.

"Hal ini untuk mendukung dalam mengkampanyekan gemar makan ikan kepada masyarakat luas sekaligus menunjukan dukungan kami dalam melestarikan resep dan makanan tradisional Indonesia yang sangat kaya dan beragam," jelasnya.

 




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT