Manfaat Mainan Edukatif untuk Kalangan Dewasa

Mainan edukatif seperti brick Lego selalu diidentikan untuk kalangan anak-anak semata. Padahal, jenis mainan ini juga bermanfaat untuk kalangan dewasa. (Beritasatu Photo/Indah Handayani)

Oleh: Indah Handayani / FER | Sabtu, 12 Agustus 2017 | 15:34 WIB

Jakarta - Selama ini, mainan edukatif selalu diidentikan untuk kalangan anak-anak semata. Padahal, jenis mainan ini juga bermnafaat untuk kalangan dewasa.

Psikolog Klinis, Liza Marielly Djaprie MPsi CH, mengatakan, mainan edukasi sangat bermanfaat bagi anak-anak, karena dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas serta mengasah potensi sebagai perancang masa depan.

"Selain itu, mainan edukatif juga bermanfaat bagi orang dewasa. Salah satu mainan tersebut adalah menyusun bricks Lego. Dengan menyusun mainan tersebut, merupakan kegiatan rekreasi positif yang menyenangkan," ungkap Liza di sela pembukaan #BuildingArchipeLEGO di Jakarta, Jumat (11/8).

Lebih lanjut, Liza menambahkan, dengan menyusun mainan itu juga dapat mengurangi stres dari rutinitas dan kesibukan kerja. Manfaat lainnya, menjadi wahana komunikasi sosial, mengasah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara dan berempati.

"Pada akhirnya, seluruh hal itu berkontribusi positif terhadap kesehatan mental Bahkan, mampu membantu untuk meningkatkan produktifitas bekerja," kata dia.

Tak heran, di luar negeri Lego sudah digunakan untuk memfasilitasi proses menghasilkan ide-ide kreatif (brainstorming) dan memecahkan masalah (problem solving). "Bahkan, Lego juga dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi fotografi," ungkap Liza.

Pendiri Legographerid (komunitas penggemar fotografi Lego), Chaierdaurie Chatar, menambahkan, Lego bukan hanya sekedar mainan yang mengasah kreativitas, tetapi juga sebuah objek yang memiliki daya tarik yang tinggi untuk difoto.

"Tantangan fotografi Lego adalah keterbatasan artikulasi yaitu mengasah imajinasi untuk menciptakan foto yang bercerita sesuai tema yang kita inginkan dengan karakter Lego Mini Figure yang ada," tambahnya.

Sementara itu, Trade Marketing Lego di Indonesia, Rizka Sucianty Gunawan, mengatakan, Lego adalah mainan edukatif yang mendukung pengembangan kreativitas dan imajinasi. Kepingan bricks didesain tidak hanya untuk menstimulasi perkembangan anak sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya.

"Namun juga sangat menantang kreativitas dan imajinasi segala usia baik remaja dan dewasa," papar Rizka.

Untuk itu, Rizka menambahkan, pihaknya menggelar #BuildingArchipeLEGO di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, pada 8-20 Agustus 2017. Dalam acara tersebut terdapat beragam kegiatan, mulai dari Photo Competition dan Coaching Clinic, Building Competition menyusun 72 kepingan bricks, Coaching Clinic, pengumuman pemenang dan pameran hasil karya pemenang yang telah berlangsung di 13 gerai Kidz Station.

"Tidak hanya itu, dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, kami menghadirkan 3D Mozaik Burung Garuda Pancasila yang disusun dari 3.500 keping bricks Lego," tambahnya.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT