Menurunkan Berat Badan dengan Bantuan Gawai

Ilustrasi pengguna fitness tracker, yang menjadi salah satu gawai integral untuk menghilangkan beberapa kilo lemak dari tubuh. (Beritasatu Photo/Istimewa)

Oleh: Chairul Fikri / FER | Minggu, 20 Agustus 2017 | 15:32 WIB

Jakarta - Untuk Anda yang mencoba menurunkan berat badan, tentunya memerlukan sebuah rencana, perangkat yang sesuai, dan dukungan yang mampu memberikan motivasi dan bekerja keras menuju tujuan.

Beruntungnya, teknologi membuat hidup siapa saja menjadi lebih mudah. Fitness tracker menjadi salah satu gawai yang integral untuk menghilangkan beberapa kilo lemak dari tubuh.

Sama seperti teknologi lainnya, fitness tracker baru akan berfungsi maksimal ketika penggunanya mengetahui bagaimana memaksimalkan perangkat tersebut.

Berikut, tips dari Managing Director for Garmin South Asia, Engelhard (Al) Sundoro, dalam menggunakan fitness tracker untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Capai 10.000 langkah

Hampir semua fitness tracker memasang angka di 10.000 langkah per hari. Hal ini bukan tanpa sebab, karena jumlah tersebut merupakan skenario yang ideal.

Kabar baiknya, Anda dapat dengan mudah memonitor langkah melalui fitness tracker. Fitur Garmin Move IQ bisa langsung merekam saat mulai bergerak.

Kombinasi

Mencapai target langkah adalah salah satu mendasar dalam program penurunan berat badan. Untuk lebih efektif, berolahragalah untuk membakar kalori lebih cepat. Pilih olahraga seperti lari atau angkat beban. Dalam hal ini, fitness tracker akan berguna untuk mengukur hasil latihan.

Terus Bergerak

Kunci dalam menurunkan berat badan adalah terus bergerak. Dengan fitness tracker, Anda bisa memonitor seberapa lama tubuh berdiam diri.

"Jaga pergerakan melalui aktivitas fisik non-olahraga. Hal itu membuat diri Anda terus bergerak akan membantu mencapai tujuan," jelas pria yang biasa disapa Al ini.

Perhatikan Peforma Tubuh

Melakukan olahraga perlu memperhatikan kemampuan atau peforma tubuh. Memonitor seberapa bugar tubuh sangat penting agar mengetahui kondisi ketika diajak untuk menurunkan berat badan.

Cukup Tidur

Menjaga pola tidur juga penting dalam program penurunan berat badan. Kurang tidur akan meningkatkan hormon yang membuat nafsu untuk ngemil bertambah. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat tubuh kekurangan energi yang dapat mempengaruhi rencana olahraga.

Enaknya, beberapa fitness tracker juga dapat memonitor aktivitas tidur ini, sehingga dapat mengukur lama tidur dan kualitasnya.

"Pengukuran kualitas tidur yang didapat melalui perangkat fitness tracker akan membantu program penurunan berat badan," jelas Al.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT