Ini Alasan Konser Dream Theater Dipindah ke Candi Prambanan

Dream Theater (Istimewa)

Oleh: Chairul Fikri / CAH | Selasa, 12 September 2017 | 18:35 WIB

Jakarta - Publik dan masyarakat Yogyakarta kini tengah bersiap menyambut band metal asal Amerika Serikat, Dream Theater. Band beraliran progresif metal itu akan manggung dan menggebrak musik tanah air dalam sebuah festival musik bertajuk JogjaROCKarta yang akan digelar selama dua hari dari tanggal 29-30 September 2017 mendatang.

Dream Theater dan grup band legendaris tanah air seperti God Bless serta beberapa band rock papan atas tanah air akan manggung di Candi Prambanan yang beberapa waktu lalu sempat sukses menggelar Prambanan Jazz.

Pihak promotor dari Rajawali Indonesia Communication menyebutkan ada beberapa alasan dan tujuan pemindahan pagelaran musik ini. Awalnya festival akan digelar di Stadion Kridosono Yogyakarta namun kemudian dipindah ke venue di Candi Prambanan yakni untuk lebih mengenalkan pariwisata di Yogyakarta.

"Yogyakarta adalah miniatur Indonesia. Gelaran ini diharapkan bisa menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu mengingat tentang pentingnya toleransi dan pluralisme. Dan sebagai miniatur Indonesia, melalui festival musik ini kita ingin juga tunjukan bahwa keberagaman tersebut tak membuat Yogyakarta jadi terpecah belah. Selain itu kita ingin kenalkan juga Candi Prambanan sebagai heritage dunia, makanya venue yang semula di Stadion Kridosono Yogyakarta kami pindahkan ke Candi Prambanan," ungkap Anas Syahrul Alimi selaku CEO Rajawali Indonesia Communication dalam keterangan persnya, Selasa (12/9).

Ditambahkan Anas, selain demi promosi dan diplomasi budaya Indonesia di dunia internasional, festival musik ini juga untuk menunjukkan Indonesia aman di kunjungi masyarakat dunia baik untuk urusan bisnis maupun urusan liburan.

"Selain itu kita ingin ada geliat ekonomi sampai ke segala sektor dengan adanya festival internasional ini. Efek domino sektor ekonomi pasti akan terjadi ke segala sektor, mulai pariwisata, kuliner, hotel, dan lain-lain. Semoga daerah-daerah lain juga berani menggelar festival musik internasional, jadi tidak selalu orientasinya di Jakarta saja," tambahnya.

Diakui Anas, tiket untuk konser musik di Indonesia memang lebih sedikit murah ketimbang tiket festival musik di Singapura dan Thailand. Untuk kelas Festival A dipatok tiketnya seharga Rp 900.000 dan untuk kelas Festival B kami patok tiketnya seharga Rp 450.000.

"Yang lebih menakjubkan mereka akan manggung dua hari berturut-turut selama panggelaran musik di JogjaROCKarta ini. Dengan seperti ini kami harapkan akan mampu menyedot wisatawan dari kawasan Asia untuk datang dan berkunjung ke Yogyakarta karena selain kan disuguhkan pagelaran musik, masyarakat yang datang ke Yogyakarta juga akan mendapatkan kearifan lokal masyarakat disini serta dapat menikmati liburan dengan mengunjungi berbagai tempat yang mengandung sejarah seperti di Candi Prambanan, Candi Borobudur, Keraton Yogyakarta dan beberapa tempat lainnya," tutup Anas.

Selain akan manggung bersama God Bless, Dream Theater juga akan manggung bersama beberapa group band roc papan atas Indonesia seperti Burgerkill, Power Metal, Death Vomit, Kelompok Penerbang Rocket, Roxx, Pas Band, dan Something Wrong dalam festival musik JogjaROCKarta itu.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT