Tips Menangkan Persaingan Kerja

Indonesia Career Expo 2017. (Istimewa)

Oleh: Indah Handayani / FER | Rabu, 13 September 2017 | 15:55 WIB

Jakarta - Saat ini, persaingan antar kandidat dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Bahkan, terjadi kenaikan jumlah pencari kerja yang cukup signifikan setiap tahunnya.

"Untuk memenangkan persaingan dalam pencarian kerja, maka kandidat harus memenuhi standar kandidat impian perusahaan. Standar tersebut bisa terukur melalui beberapa faktor," ungkap Education Manager Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (UI), Cahyo Pratomo Amiseso, dalam keterangan persnya, Rabu (13/9).

Cahyo menambahkan, kondisi kantor, status pekerjaan, dan tuntutan perusahaan mesti sejalan dengan kepribadian, keterampilan, dan motivasi atau harapan karyawan.

"Misalnya, penyesuaian istilah jabatan level staf yang belakangan diubah menjadi eksekutif, sehingga ada kebanggaan dalam diri kalangan pekerja," kata dia.

Menurutnya, kebanggaan terhadap instansi memang menjadi salah satu faktor pemicu engagement karyawan. "Contoh lainnya, penerapan flexible time pada kantor atau industri tertentu. Misalnya bisnis startup atau organisasi," papar Cahyo.

HR Manager Conexus Solusi, Agatha Kristina, menambahkan, sangat penting bagi perusahaan dalam membaca kebiasaan pencari kerja. Utamanya, kalangan pekerja saat ini di dominasi generasi milenial.

"Generasi milenial ini sangat terkoneksi internet. Jadi, penting bagi perusahaan untuk menyadari peluang itu dalam menemukan kandidat terbaik," ucap Agatha.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT