M-Shape, Teknik Menggendong Bayi yang Paling Aman

Ilustrasi bayi yang baru lahir. (Ist)

Oleh: Herman / WBP | Minggu, 8 Oktober 2017 | 13:05 WIB

Jakarta - Menggendong bayi dengan posisi kaki mengangkang seperti membentuk huruf M atau M-Shape sering dianggap membahayakan. Ada kekhawatiran posisi tersebut bisa menyebabkan kaki bayi mengangkang hingga ia dewasa. Padahal fakta menunjukkan sebaliknya.

Menurut Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumalogi dari RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Daffodilone Cahyadi, M-Shape merupakan teknik menggendong bayi yang paling dianjurkan, di mana letak lutut lebih tinggi dari bokong anak. Posisi ini dianggap aman karena membuat panggul bayi tetap berada di dalam rongganya, dan juga tidak akan membuat kaki bayi terus mengangkang sampai dewasa.

"Cara menggendong yang benar adalah dengan teknik M-Shape. Jadi, dasar atau alas untuk bokongnya harus lebih lebar sampai ke paha, sehingga lututnya akan terdorong ke atas membentuk huruf M," terang Daffodilone Cahyadi, di acara perayaan Hari Menggendong Sedunia yang digelar komunitas Jabodetabek Babywearers, di Jakarta, Minggu (8/10).

Sebaliknya, teknik menggendong dengan posisi bokong dan kaki lurus ke bawah justru bisa menimbulkan masalah pada kaki si bayi, di mana salah satu kaki bayi akan berisiko menjadi lebih pendek, sehingga membuat jalannya menjadi pincang.

"Teknik menggendong yang salah, seperti bokong dan kaki lurus ke bawah, bisa meningkatkan risiko tarikan-tarikan otot di rongga panggul, sehingga sendinya bisa terlepas. Apalagi ketika baru dilahirkan, panggul bayi memerlukan waktu beberapa bulan untuk lebih kuat di ligamen atau pengikat di persendiannya," terang dia.

Daffodilone mengatakan teknik menggendong bayi M-Shape ini sebaiknya dilakukan sampai sampai bayi sudah bisa berjalan sendiri.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT