Leny Rafael Angkat Ornamen Etnik Tenun Troso

Model tengah menampilkan gaun pesta rancangan Leny Rafael, yang menonjolkan motif Etchnic Glam tenun Roso, dalam ajang IEFW 2017. (Istimewa)

Oleh: Chairul Fikri / FER | Minggu, 19 November 2017 | 15:53 WIB

Jakarta - Perancang busana, Leny Rafael, memadukan busana muslim dengan ornamen etnik khas Indonesia berupa Tenun Troso dalam rancangan busana siap pakai (ready to wear) karyannya, di ajang Indonesia Ethnic Fashion Week (IEFW) 2017, yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Sabtu (18/11).

Perancang asal Jakarta ini, menampilkan busana ready to wear dengan ornamen etnik Tenun Troso yang terlihat berbeda. Tenun Troso sendiri, berasal dari Desa Troso, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng).

"Tenun Troso ini memiliki motif yang sangat indah dan mulai naik daun belakangan ini. Untuk karya ini, saya coba gabungkan dengan motif Geometris hingga karakter flora dan fauna, seolah menggambarkan atmosfir pedesaan," jelas Leny.

Perancang busana Leny Rafael

Selain menggabungkan beberapa motif etnik khas Nusantara dalam gaun rancangannya, Leny menambah kekuatan karyanya dengan menghadirkan sulam pita motif flora, serta memilih warna-warna glamor untuk menambah kesan elegan.

"Untuk gaun yang diperkenalkanya dalam ajang IEFW 2017 ini, rencananya akan tampil dalam beberapa festival fashion lainnya, seperti di Malaysia, Singapura, Belanda dan Qatar," tambahnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT