Oval, Bentuk Wajah Perempuan Asia Paling Ideal

Salah satu juri dari Indonesia dalam ajang MAAT Golden Ratio Search, dr Kevin Maharis, tengah menjelaskan tentang cara mengukur proporsi wajah oval, di Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017. (Investor Daily/Mardiana Makmun)

Oleh: Mardiana Makmun / FER | Selasa, 5 Desember 2017 | 20:53 WIB

Jakarta - Cantik sangatlah relatif. Tetapi para pakar kecantikan sepakat bahwa perempuan Asia yang cantik haruslah memiliki wajah berbentuk oval.

"Para dokter kecantikan berkesimpulan bentuk wajah oval merupakan yang paling ideal untuk wanita Asia," kata salah satu juri dari Indonesia dalam ajang MAAT Golden Ratio Search, dr Kevin Maharis, di Jakarta, Selasa (5/12).

Menurutnya, untuk di Eropa, bentuk wajah seperti aktris Angelina Jolie memang disukai. "Tetapi perempuan di Asia tidak menyukai bentuk wajah seperti Angelina Jolie, karena kopong sehingga terlihat peyot dan tua. Perempuan Asia ya memang sangat menyukai wajah berbentuk oval yang berisi," tandasnya.

Secara hitung-hitungan medis, lanjut Kevin, wajah oval memiliki bentuk yang proporsional. Dalam ajang The MAAT Golden Ratio Search, yaitu ajang pencarian wajah paling proporsional pertama di Asia Pasifik, didapatkan hasil wajah oval adalah yang paling proporsional.

"Ajang pencarian ini mengukur wajah peserta berdasarkan golden ratio (proporsi panjang dan lebar wajah), proporsi horisontal wajah, dan proporsi simetri wajah untuk menemukan wajah yang paling proporsional. Hasilnya, wajah yang dinilai paling proporsional memiliki bentuk oval," tegas Marketing Manager Merz Indonesia, Hansen Gandhi.

The MAAT Golden Ratio Search menggunakan ilmu pengukuran dan memberikan pemahaman bahwa bentuk wajah proporsional merupakan bagian dari kecantikan. Terkait itu, Merz Aesthetics juga telah meluncurkan sebuah pedoman medis terbaru dan pertama yang dapat membantu dokter kecantikan membentuk wajah Asia proporsional dalam acara Pertemuan Tahunan ke-38, International Society for Dermatological Surgery (ISDS) 2017.

"Pedoman medis terbaru dan pertama dari Merz diharapkan dapat membantu dokter kecantikan membentuk wajah Asia proposional. Buku pedoman tersebut berisikan rekomendasi cara-cara terbaik untuk membentuk wajah dan beragam perawatan kecantikan untuk mengubah wajah bagian atas, tengah, dan bawah, termasuk strategi-strategi dalam menciptakan wajah Asia yang berbentuk oval," ujar Hansen.

Sementara itu, pemenang wajah paling proporsional di Indonesia, Miya Alexa (Mitania Hendayani) mengatakan, dalam ajang pencarian MAAT Golden Ratio ini, dirinya mengikuti beberapa rangkaian penghitungan mulai dari proporsi bentuk wajah dan bentuk estetikanya, dan akhirnya berhasil terpilih menjadi wanita Indonesia yang memiliki wajah cantik paling proporsional.

"Selain itu, saya juga dinyatakan memenuhi syarat utama yakni belum pernah melakukan perawatan khusus kecantikan seperti filler atau botulinum toxin maupun operasi plastik," tutur Miya.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT