Irina Chiu Lebih Suka Berakting

Irina Chiu Lebih Suka Berakting
Aktris dan produser Indonesia yang telah lama menetap di Jerman dan Amerika Serikat, Irina Chiu. ( Foto: Beritasatu Photo/Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / FER Jumat, 2 Februari 2018 | 17:24 WIB

Jakarta - Aktris dan produser asal Indonesia yang telah lama menetap di Jerman dan Amerika Serikat (AS), Irina Chiu, memberanikan diri untuk membuka rumah produksi baru di Indonesia. Wanita yang pernah mendapatkan pelatihan akting di New York University Tisch School of the Art Asia di Singapura ini, telah memproduksi sebuah film berjudul Pai Kau yang akan tayang di Indonesia pada Kamis, (8/2).

"Terus terang, dunia film di Singapura tidak begitu menarik, karena pasarnya kecil dan yang kuat adalah tayangan media. Jadi, yang dibuat hanya sinetron saja. Selain itu, film yang dibuat juga tidak begitu bervariasi," ungkap Irina saat dijumpai di kawasan Senayan, Kamis (1/2).

Saat mencoba menjadi seorang produser untuk pertama kali, Irina merasa kesulitan. Terlebih, rumah produksinya masih bersifat independen. Jadi, dirinya harus pintar-pintar menyusun rencana dan strategi, agar produksi film pertamanya berjalan mulus.

"Ini film pertama yang saya produksi. Saya mulai dari planning, budgeting, dan manage kru yang cukup menantang dan sulit. Kami masih berjalan secara independen, dan belum bisa hiring ratusan orang sekaligus. Kita masih harus menggunakan freelancer. Selain itu, kita juga tak punya kantor yang tetap, jadi cukup sulit menggabungkan beberapa kepala menjadi satu," terang peraih gelar master di Universitas Mannhelm Jerman ini.

Irina mengaku lebih suka berakting daripada menjadi produser sebuah film. Hal itu dibuktikannya lewat beberapa film pendek dan panjang yang pernah dijalaninya seperti, Love and Faith (2015), Equal (2015) dan Song of The Bird (2014).

"Sebenarnya, passion saya di akting, karena bisa menjadi orang yang berbeda. Kalau akting bisa dapat pengalaman yang lain, mungkin dialog yang belum tentu ada di pikiran. Saya berharap bisa mendapat tawaran bermain film lagi," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan