Genjot Kunjungan Wisatawan, Pemprov Riau Siapkan 64 Event Pariwisata

Genjot Kunjungan Wisatawan, Pemprov Riau Siapkan 64 Event Pariwisata
Menteri Pariwisata, Arief Yahya ( Foto: istimewa )
Chairul Fikri / CAH Selasa, 13 Februari 2018 | 14:49 WIB

Jakarta - Untuk meningkatkan jumlah angka kunjungan wisatawan, Pemerintah Riau menyiapkan 64 event pariwisata selama tahun 2018 ini. Adapun beberapa event pariwisata yang akan digelar selama tahun 2018 antara lain Event Bakar Tongkang yang menjadi tradisi masyarakat keturunan Tionghoa yang ada di Riau pada 29-30 Juni 2018 mendatang, lalu Festival Bono (24-25 November mendatang, dan event Pacu Jalur yang akan diselenggarakan di Kuantan Singgigi pada 22-25 Agustus 2018.

Selain itu akan ada puluhan event pariwisata selama tahun 2018 ini yang patut diikuti oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Riau.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan daerahnya terus menggenjot perbaikan sarana dan prasarana penunjang pariwisata yang ada di Riau.

"Untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, pemerintah provinsi Riau memang kini terus memperbaiki sarana dan prasaran penunjang di beberapa destinasi yang ada di sana. Penyelenggaraan 64 event pariwisata tersebut diyakini akan mampu mendatangkan wisatawan datang ke 'Bumi lancang Kuning' ini," ujar Arsyadjuliandi Rachman saat Launching Calender Of Event 2018 Provinsi Riau yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (12/2) malam.

Selain itu dikatakan Arsyadjuliandi, daerahnya juga ingin terus meningkatkan perbaikan akses dengan terus mengupayakan penerbangan langsung dari beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Tiongkok ke Pekanbaru.

"Ini akan bisa mempermudah wisatawan untuk datang ke Riau dan menjadikan Riau sebagai lokasi liburannya, selain dengan akan memperbanyak penerbangan langsung dari beberapa kota yang sudah menjadi lokasi wisata seperti Jakarta, Bali, Sumatera Utara dan Lombok," tambahnya.

Langkah Pemerintah Provinsi Riau ini mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

"Ini merupakan langkah bagus yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka mempromosikan potensi wisatanya. Diharapakan akan mampu menjadi pemacu kedatangan wisatawan ke Riau. Kalau tahun 2017 lalu jumlahnya wisman yang datang hanya 60.000 orang, saya sendiri menargetkan di tahun 2018 ini angkanya bisa naik menjadi 100.000  orang terlebih ada 3 event bertaraf internasional yang sudah masuk 100 event Wonderful Indonesia 2018 ini," ujar Arief Yahya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE