Rutgers WPF Indonesia Luncurkan Kursus "Online" Kesehatan Reproduksi

Rutgers WPF Indonesia meluncurkan kursus online atau e-course "Sobat ASK" dan Andoid app yang ramah remaja di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Jakarta, 4 Agustus 2015. (/Herman)

Oleh: Herman / FAB | Selasa, 4 Agustus 2015 | 18:07 WIB

Jakarta - Kemajuan teknologi membuat remaja Indonesia memiliki akses yang luas terhadap internet. Sayangnya, hal itu belum diimbangi dengan informasi yang akurat, terpercaya, tidak menghakimi, dan ramah remaja.

Menyadari tantangan tersebut, organisasi nirlaba, Rutgers WPF Indonesia bersama mitra yang bekerja di 10 provinsi akhirnya mengembangkan kursus online atau e-course "Sobat ASK", yang dapat diakses lewat situs www.sobatask.net. Selain itu, informasi yang ada di dalamnya juga bisa diakses melalui Andoid app yang ramah remaja.

"Aplikasi ini menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan seksualitas yang ramah remaja. Mulai dari bagaimana pacaran yang sehat dan tanpa kekerasan, HIV/AIDS, kontrasepsi, sampai informasi seputar lesbian gay biseksual transgender (LGBT)," ungkap Monique Soesman, Direktur Rutgers WPF Indonesia di Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis, Jakarta, Selasa (4/8).

Penyediaan e-course ini, menurutnya merupakan pengembangan dari kegiatan Rutgers WPF Indonesia selama ini, yang telah mengembangkan berbagai modul pendidikan kesehatan reproduksi dan seksualitas.

"Penyediaan modul tersebut telah kami mulai dari 2007. Kami mengembangkannya mulai dari PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD, SMP, SMA, Lapas (lembaga pemasyarakatan), sampai untuk penyandang tunanetra dan tunarungu," ungkap Monique.

Modul-modul tersebut, menurutnya telah diadaptasi oleh berbagai lembaga pendidikan di lebih dari 10 provinsi di Indonesia dan akan terus diperluas jangkauannya.


Sumber:
ARTIKEL TERKAIT