Pelajari Misteri Alam Semesta, NASA Luncurkan Roket ke Mars

Pelajari Misteri Alam Semesta, NASA Luncurkan Roket ke Mars
Mesin penjelajah Mars, InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport). ( Foto: NASA )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 5 Mei 2018 | 20:32 WIB

California - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) meluncurkan roket ke Mars hari ini. Roket yang diluncurkan pada pukul 04.05 dini hari tadi waktu setempat dari Pangkalan Angkatan Udara AS Vandenberg, California membawa mesin penjelajah bernama InSight (Interior Exploration using Seismic Investigations, Geodesy and Heat Transport).

InSight diluncurkan menggunakan roket United Launch Alliance (ULA) Atlas V. InSight akan mempelajari interior terdalam Mars untuk mempelajari bagaimana terbentuknya planet tersebut, yang juga bermanfaat untuk mempelajari Bumi dan Bulan. InSight dilengkapi dengan seismometer untuk mengukur gempa Mars dan sebuah mesin yang akan memantau arus panas dari kedalaman planet.

"Ini adalah langkah pertama untuk mempelajari bagaimana Mars terbentuk dan bagaimana planet-planet lain terbentuk," kata Bruce Banerdt, peneliti InSight dari Laboratorium Mesin Pendorong Jet NASA, dalam keterangan tertulis NASA.

Perjalanan roket Atlas V hingga mendaratkan InSight membutuhkan waktu sekitar tujuh bulan. InSight diperkirakan akan mendarat di Elysium Planitia barat pada 26 November 2018. "Anda dapat menyaksikan proses pendaratan InSight yang akan kami siarkan langsung," kata NASA.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE