Yamaha YZR MotoGP dalam salah satu pameran di Jakarta.

Jakarta - Warna motor kombinasi hitam dan abu-abu yang dipakai Yamaha sepanjang ujicoba pramusim ternyata bukan paduan warna atau livery resmi yang akan digunakan di balapan musim 2013 ini.

Yamaha YZR-M1 baru akan merilis warna resmi pada 22 Maret nanti di Sirkuit Jerez, Spanyol, seperti dalam undangan yang dikirim ke Beritasatu.com.

Undangan via surel itu juga dilampiri video teaser yang samar-samar menampilkan motor milik juara dunia Jorge Lorenzo dan rekannya Valentino Rossi.

Dan sekilas tampak warna biru dan putih kembali akan mendominasi YZR-M1, namun memberi tempat bagi warna khas masing-masing pembalap di fender atau spatbor depan dan nomor motor.

Dengan demikian, motor Lorenzo akan memiliki semburat merah di dua tempat itu, sedangkan motor Rossi, apalagi kalau bukan kuning stabillo.

Namun untuk kepastiannya, kita tunggu saja peluncuran corak motor 2013 di event tersebut, yang berbarengan dengan ujicoba ketiga dan terakhir menjelang dimulainya Grand Prix Qatar tanggal 7 April yang membuka musim 2013.

Warna biru-putih yang merupakan warna resmi Yamaha dan dipakai dalam dua musim terakhir sebetulnya terkait dengan ketiadaan sponsor utama tim tersebut ketika Rossi hengkang di akhir musim 2010, dan dengan demikian juga sponsor utama Fiat.

Berbeda misalnya dengan Honda yang dominan warna orange-hitam sesuai sponsor utamanya, Repsol.

Sampai sekarang belum jelas apakah Yamaha sudah memiliki sponsor utama karena ternyata masih akan mempertahankan warna biru-putih.

Namun yang jelas, kembalinya Rossi membuat pabrik minuman suplemen Monster Energy memperbaharui kontrak dengan Yamaha dan merk itu sekarang juga menaungi Lorenzo, yang sampai musim lalu masih mengusung brand minuman lain.

Dalam surel terpisah ke Beritasatu.com, Yamaha mengatakan telah memperpanjang kontrak dengan sponsor lain, produsen truk besar kelas premium IVECO, sampai tahun keenam berkolaborasi musim ini.

Perusahaan tersebut membantu mengangkut semua peralatan tim, dan logo perusahaan akan kembali ditampilkan di motor masing-masing pembalap. Namun nilai kontrak dengan IVECO tidak disebutkan.

Penulis: Heru Andriyanto/HA