Marc Marquez di babak kualifikasi GP Prancis, 18 Mei 2013.

Le Mans - Marc Marquez sempat terjatuh di sesi latihan keempat sehingga harus menggunakan motor kedua di babak kualifikasi Grand Prix Prancis, namun demikian dia mampu meraih pole position Sabtu (18/5).

Marquez mencatat waktu 1 menit 33,187 detik dengan Honda RC213V yang menjadi putaran waktu tercepat pekan ini.

“Aku menggunakan motor kedua, jadi butuh waktu, satu sampai dua putaran sebelum bisa menggeber motornya,” kata Marquez sumringah. Dia juga terlihat baik-baik saja meskipun terjatuh.

Rekan setimnya Dani Pedrosa juga terjatuh di babak kualifikasi sehingga tampaknya tak punya cukup waktu untuk memulihkan diri dan memperbaiki catatan waktunya, bahkan terpuruk ke posisi enam.

Menguntit di belakang Marquez adalah juara dunia dari tim Yamaha, Jorge Lorenzo, dengan catatan waktu 1 menit 33,217 detik.

Ducati membuat kejutan bisa start di baris depan untuk pertama kalinya musim ini lewat Andrea Dovizioso yang berada di posisi tiga, menyusul pengembangan motor terakhir dalam tes privat di Mugello sebelum menuju Sirkuit Le Mans yang tampaknya membawa hasil.

“Terus terang aku tak menduga bisa start di baris terdepan. Aku melihat catatan waktunya dan terkejut,” ujar Dovi di Star Sports TV.

Juga terjatuh di sesi latihan keempat adalah pembalap Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow, bahkan sempat terbaring cukup lama di pinggir lintasan sampai petugas medis mendatanginya.

Namun kemudian dia buru-buru kembali ke paddock naik sepeda, mengikuti bagian terakhir latihan dan mampu tampil di babak kualifikasi, untuk berada di posisi empat.

Lalu di manakah Valentino Rossi? The Doctor yang tampil meyakinkan di sesi latihan pertama dan kedua justru melempem dalam babak akhir kualifikasi, karena hanya bisa berada di posisi delapan.

Tampaknya ada sesuatu dalam setelan motor Yamaha M1 miliknya yang justru mengurangi tenaga motor di saat menentukan.

Dia akan memulai balapan Minggu besok di belakang Stefan Bradl (LCR Honda), Pedrosa dan Alvaro Bautista (Honda Gresini), yang masing-masing di posisi lima, enam dan tujuh.

Bradley Smith dari Yamaha Tech 3 merebut grid kesembilan dan menggenapi 10 besar adalah Nicky Hayden dari Ducati.

Penulis: Heru Andriyanto/HA

Sumber:Star Sports TV